Friday, November 7, 2008

Semester 5

Review semester 5. Okt 07-Maret 08.

Sekarang adalah penentuan, apa bisa kelarin Vordiplom di semester ini. Jumlah utang sekarang 5, jumlah pelajaran normal dalam 1 semester. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, maka bisa. Pengandaian itu jauh dari kenyataan. Gw gak bisa konsen pada tujuan dan bikin usaha ke tujuan itu lebih berat. Lama2 jadi pengakuan dosa juga nih denag membeberkan kalo gw masih malas2an kuliah. Padahal peluang buat ngabisin 5 pelajaran itu ada, konsistensi dan rasa berjuang itu yang masih kurang ditambah masih harus banyak belajar lagi buat bagi waktu secara efektiv.

Yang meramaikan waktu gw di rentang okt 07- maret 08 adalah sepak bola dan kerja. Waktu itu kerjaan di pabrik lagi banyak dan teratur, kesempatan yang gak pernah gw dapat selama kerja sampingan. Jadi ini alasannya kenapa di 1 tahun terakhir ini perekonomian gw stabil. Pilihan yang sulit antara kalau harus memilih salah satu, kuliah harus tetap yang utama tapi kesempatan baik ini sayang kalau dilewatkan. Jalanin dua2nya, harapannya sambil bisa belajar bagi waktu. Tetap terpaksa bolos beberapa kelas, untungnya ada beberapa pelajaran yang gw uda ikutin kelasnya di semester lalu tapi gak ikut ujiannya, jadi itu yang bisa dikorbanin. Itu sebabnya kenapa gw di post ini berharap lebih bisa bagi waktu.

Waktu itu gw juga makin sering main sepak bola. Perkumpulan olah raga orang indo di berlin ikut liga sepak bolanya kampus. Sapa aja bisa ikut daftar, makanya nyoba ikutan. 1 musim liganya itu juga 1 tahun kayak liga profi, home away dan waktu itu segrupnya ada 12 tim. Dibagi grup karena timnya banyak. Jadi ada 22 pertandingan buat 1 tahun.
Buat main bola aja gak bakal nyita banyak waktu, tapi pikiran gw jadi ke sana terus. Lagi bener2 semangat2nya main bola.
Kapan lagi bisa ikut liga beginian, lawan orang2 jerman ampir tiap minggu. Kenyataannya si emang tradisi bola jerman dan indo memang beda jauh ya. Biarpun tim kita isinya tetap orang yang biasa main bola mungkin dari sejak sekolah tetap saja ada jurang antara jerman dan indo, kalah teknik, taktik, mental dan fisik. Layak dah kalau waktu itu cuma jadi tim bawang. Dari lawan mereka kita bisa liat gimana cara main bola yang lebih benar dan salahnya konsep main bola yang biasa kita lakukan di sekolah. Akhir kata dari 22 pertandingan untung masih dkasi menang 5 kali, 4 menang tanding 1 menang WO sisanya kalah terus dengan total kebobolan kedua paling banyak dan kayaknya si total memasukkan kedua paling sedikit.

Kembali ke masalah kuliah, apa yang terjadi di semester ini sempat ada postingannya. Dari kegagalan ujian pertama, yaitu biochemie yang mengharuskan gw bikin oral test, posting sebelumnya di sini dan di sini.
lalu ada juga ceritanya gimana ujian termodinamik bisa lulus, posting di sini.
Ada juga yang gak sempet gw ceritain. Cerita bego si sebenernya. Ada 1 pelajaran yang gw uda cukup belajar mati2an karena semester 4 kemarin gak lulusnya bareng sama biokimia. Pelajaran ini bagian kedua dari 1 pelajaran lain yang nilainya bakal digabung jadi 1 modul. Ujiannya itu jam 10 tapi kenapa gw selalu ingatnya jam 12. Waktu hari H nya gw masih sempat belajar pagi2nya, jam setengah 11 gw baru mulai siap2. Gw telat sadar ujiannya jam 10, begitu terpana sampai gw blank sendiri. Ada apa ini, kenapa tiba2 gw bisa salah jadwal ujian. Stress atau apa. Pergi ke dokter buat bikin surat sakit palsu, kalau gak gitu ntar dianggap gw ikut nulis dengan kertas jawaban kosong. Artinya harus ikut kesempatan terakhir, ujian lisan.
Yang jadi kado buat semester ini yah pelajaran ini, gw kaget waktu nanya di kantor ujian, modul ini uda dianggap lulus. Bagian pertama uda lulus semester kemarin dan bagian keduanya gak lulus di semester yang sama, dirata2 modul itu lulus. Aneh tapi kenyataan. Sampai gw tanya lagi ke kantornya, modul ini beneran lulus atau engga.
Terus ada 1 ujian lain yang emang lulus wajar dengan nilai yang lumayan juga dan 1 mata kuliah pilihan yang nilainya dapat dari bikin tugas bukan ujian.

Jadi semester 5 gw bikin semua utang buat Vordiplom, 2 lulus wajar, 1 lulus dengan belas kasihan, 1 lulus ajaib karena ketolong bagian pertamanya dan 1 lagi gagal.

No comments: