Saturday, November 1, 2008

Semester 4

Review semester 4. Apr - sept 07.

Semester 4 adalah semester terakhir menurut jadwal umum jurusan untuk menyelesaikan Vordiplom. 4 semester Vordiplom, 6 semester Hauptdiplom, total 10 semester dengan gelar kelulusan diplom ing.
Situasi sekarang utang 8 pelajaran dasar wajib dan 1 pelajaran pilihan termasuk pelajaran semester 4 dan utang pelajaran semester 2 + 3. Gak mungkin ngabisin semua dalam 1 semester dan juga jadwal kelasnya pasti bentrok. Akhirnya terpikir suatu proyek besar namanya proyek Vordiplom 2008.
Catatan tambahan : di jurusan gw gak ada peraturan pelajaran semester 2 harus diambil di semester 2, ada kebebasan terserah ngambilnya kapan, asal gak terbebani harus ujian kedua dalam 1 tahun setelah sempat gak lulus sekali.
Proyek ini bertujuan untuk lulus Voprdiplom di tahun 2008, yang artinya kelarnya di semester 5 atau 6. Syaratnya adalah mutlak dan harus berhasil, jika sampai gagal, terus gimana, yang jelas gw harus mikir ulang gimana kuliah gw. Ganti ke bachelor atau pindah TFH. Tapi pilihan itu out of question. Proyek Vordiplom 2008 itu adalah proyek yang kemungkinan berhasilnya besar, karena waktu cukup.

Lalu bagaimana seharusnya semester 4 ini berjalan? Sisa pelajaran lumayan momok, ada termodinamik dan ada energi-impuls-stoff transport 1+2. Tapi gak takut tetep optimis. Sebenernya target awal gw mikir proyek VD 2008 adalah kelar di semester 5, bukan 6. Gentar juga dan gak terlalu optimis, sanggup gak ya ? Gw masih bilang sanggup dengan syarat 2 semester ini harus menggila dan itu yang jadi super target gw. Tapi kalau ternyata gak sanggup, kelar di semester 6 juga masih ok dengan bayangan gw juga uda mulai ikut kuliah di Hauptdiplom ( yang isinya mata kuliah penjurusan, jadi lebih ke pangan ).

Semester 4 jadi titik strategis penting buat keberhasilan proyek ini. Gw sebisa mungkin ambil banyak pelajaran supaya semester 5 lebih santai, bukan sebaliknya. Jadwal awal dibikin untuk ikut 7 pelajaran, prioritas untuk pelajaran yang cuma ada setahun sekali dan berusaha buat lulusin sekarang, kalo engga ngulangnya di semester 6. Emang lebih gampang ngomong daripada kerjainnya. Ikut 7 pelajaran dalam 1 semester di uni sini susahnya setengah mati, bolos pasti banyak dan di akhir semester belajarnya juga mabok. Gw harus mengakui gw masih kurang rajin dan memang 7 itu uda padat banget. Waktu ujian akhirnya harus menyerah kalo 7 itu memang sulit bener dan gw harus konsen sama pelajaran yang cuma ada setahun sekali. Dari 7
jadi 6 ujian, 4 lulus dan 2 kagak lewat. Salah satu itu adalah biokimia yang meninggalkan kisah panjang di Vordiplom.Mata pelajaran yang ada setahun sekali semuanya lulus, kecuali biokimia. Untungnya dosennya bilang semester depan ada ujian susulannya biar kelasnya gak ada, baru ada tahun depannya lagi. Aneh kan kuliah di sini, ujiannya ada tapi kelasnya gak ada.

Sekarang jadi dari 9 utang jadi 5. terakhir kali bisa ngelulusin 5 pelajaran dalam 1 semester itu cuma waktu semester 1. Agak berat buat semester 5, tapi pengalaman membuktikan bisa kok ngelewatin 5 pelajaran dalam 1 semester, so masih ada harapan.

No comments: