Sunday, November 9, 2008

Hertha vs Hoffenheim

Olympia stadion....

Aneh gak si, udah hampir 5 tahun tinggal di berlin di jerman tapi gw jarang bener nonton bola di stadion kebanggaan orang berlin ini. Dengan kapasitas yang hapir 75000 tempat duduk, bisa dibayangkan betapa besar stadionnya hertha bsc ini. Sayang gw bukan fansnya hertha atau bukan penggemar sejati bundesliga. Seumur2 gw cuma pernah 3 kali ke stadion, sekali buat nonton, 2 kali buat kerja waktu piala dunia kemaren, jaga malam dan jaga pertandingan jerman argentina tapi di luar stadionnya.

Kali ini beda, gw lagi pengen bener nonton bola di stadion. Prestasi hertha yang biasa2 aja gak memungkinkan tim2 besar bakal main di berlin. Di bunsdesliga palingan cuma ada bayern münchen atau top team jerman lain kaya bremen atau leverkusen. Di internasional paling di ajang UEFA cup, tapi itu pun kalau herthanya lolos ke piala UEFA dan kalau gak tersisih di babak awal. Tapi di musim ini ada pertandingan yang menurut gw menarik. Bukan pertandingan lawan münchen atau di piala UEFA tapi melawan hoffenheim!!
Hoffenheim ? Apaan tuh ? Lah nanya juga, gw aja gak pernah dengar ada kota/desa yang namanya hoffenheim apalagi tau di mana letaknya. Ini bukan pertandingan persahabatan antara tim liga 1 sama liga selain 1. Hoffenheim itu tim baru promosi ke liga 1 tapi sakti. Sampai pertandingan ke 11 dengan 8 menang 1 seri dan 2 kalah mereka masih urutan pertama klasemen dengan statistik tim yang membobolkan paling banyak di antara tim bundesliga, strikernya bahkan urutan 1 top score sementara. Koran dan TV jerman menyebutnya wonder from hoffenheim dan dipuji karena keefektivan, kecepatan dan keindahan pola penyerangannya.
Dan hertha ? Yah lumayan stabil di papan tengah ke atas. Gw yakin pertandingan ini bakal seru dan banyak gol.

Ternyata bukan gw doank yang menantikan pertandingan ini. Engga kurang dari 58000 orang memenuhi olympia stadion, angka yang lumayan tinggi untuk pertandingan melawan klub promosi. Ada 2 sudut pandang untuk menonton pertandingan ini, sebagai penggemar bola atau pendukung hertha, karena emang gw duduknya di blok pendukung hertha, masa di situ mau bela hoffenheim. Kalau di indo pasti mati, gak tau kalau di jerman, gak berani nyoba. Sebagai penggemar bola agak kecewa. Secara statistik hertha kuat main di rumah sendiri. Pertahanannya solid sehingga penyerang hofffenheim gak begitu berkutik, di sisi lain penyerang hertha agak kacau sehingga skor garing 0-0 di babak pertama gak bisa diselamatkan lagi. Tapi dari situ terlihat gimana bedanya pola serangan hertha dan hoffenheim. Hoffenheim lebih dinamis, cepat dan kreatif sayang gak bisa nembus pertahanan hertha. Sebagai pendukung hertha di babak kedua lebih puas, karena hertha mulai mengendalikan pertandingan dengan
fighting spirit yang tinggi tapi yah masih dengan penyerangan yang begitu2 aja. Hoffenheim tetap dapat kesempatan tapi sayang malam ini pertahanan hertha terlalu kuat jadi buat hoffenheim bener2 dikasi nol. Sapa sangka tim teragresif hoffenheim gak bisa ngegolin di sini, padahal lawan tim kuat mereka bisa. Sebagai penggemar bola yang berharap skor banyak tentu saja kecewa. Sementara itu ternyata hertha bisa nyuri 1 gol yang bertahan sampai pertandingan berakhir. Akhirnya cuma 1-0 garing, padahal setidaknya bisa jadi 2-1 tapi yang mendukung hertha boleh tertawa lah. Menang lawan pimpinan klasemen dan sekarang jadi urutan 6.


Sudut pandang dari tempat gw duduk:


No comments: