Friday, October 24, 2008

Arti Sebuah 24

Bagian pertama

Judul pertama yang kepikiran buat post kali ini sebenernya adalah 'I Hate my Birthday'. Yes,
bentar lagi ulang tahun gw yang ke 24. Meminjam inspirasi dari blog teman, apa yang terjadi di ulang tahun sebenarnya ?
Orang2 selalu mengucapkan selamat karena umur bertambah 1, tambah dewasa dll. Yang sebenarnya terjadi adalah umur seseorang berkurang 1 dan ini yang bikin gw benci ulang tahun. Harapan hidup berkurang tetapi apa sih yang sudah gw lakukan terhitung dari ulang tahun ke 23 kemarin. Begitu banyak rencana dan harapan tapi cuma sedikit sekali waktu. Udah sedikit berlalunya cepet lagi.
Apa sih yang udah gw capai dalam waktu setahun terakhir ini ?
Absolutly nothing atau 'engga juga ah, ada juga yang uda gw kerjain'. Selain itu ada juga kekecewaan dan kekhawatiran dengan bertambahnya usia, seperti kuliah, karir, kedewasaan diri, jodoh dan lain lainnya. Seperti itulah kira2 pikiran gw.
Apakah gw masih bisa tertawa dan tersenyum di ulang tahun gw sendiri?
Mungkin juga ulang tahun bukan sesuatu yang harus dibenci. Mungkin juga gw masih bisa tersenyum, karena biasanya di hari itu orang bakal lebih banyak terima telepon atau sms. Mungkin juga ada kejutan kecil kecilan. Jadinya ketauan deh siapa saja yang peduli dan ingat sama gw. Atau mungkin juga gak ada yang ingat sama sekali sama ulang tahun gw. Kalaupun begitu kasusnyamungkin harus diadain perayaan kecil2an supaya pada tau, tapi sampe saat ini masih gak tau mo dirayain gimana supaya gak garing sendirian.

Pada akhirnya gw kasih judul post ini seperti yang tertera di atas, karena ulang tahun tetap
suatu anugrah bukan sesuatu untuk dibenci, gak peduli betapa merana atau susahnya hidup. Tetap bakal ada suatu arti dalam setiap ulang tahun yang harus dicari. Jadi buat apa gw benci sama ulang tahun diri sendiri.

tertanggal : 20 oktober tengah malam.



Bagian kedua

Menunggu sampai jam 12 malam sapa tau ada yg mo nelpon malam2. hahahah. Ngarep.
Sambilan nyoba betulin komputer yang lagi ngadat, dibaik baikin supaya gak ngambek lagi.
Bisa jadi hadiah buat diri sendiri adalah komputer baru, kalau gw gak tau lagi gimana cara
betulinnya. Padahal minggu kemaren uda beli sepatu bola, emang lagi butuh anggap aja jadi hadiah tapi bisa jadi keluar duit lagi buat beli kompi baru. Malam2 gini males kemana2 juga. Kompi ngadat dan besoknya ada praktikum, musti baca2 dulu sambil belajar, soalnya ada tes kecilnya sebelum mulai praktikum. Baca2 sampai lewat tengah malam. Terhitung cuma ada 1 sms masuk. Sebelum tidur nyatur dulu sampe ampir jam 2. Bangun2 message yg masuk lewat sms,ym, fs atau telpon tambah banyak, uda kaya orang susah aja sampe diitungin segala.
Kuliah hari ini cuma ada praktikum mikrobiologi makanan aja sekitar 3 jam. Jika baca tepat 1
posting sebelumnya, gw bilang praktikum selalu buat gw bikin stress dan bikin gw lemot. Ulang
tahun harus minimal 3 jam jadi orang lemot, waduh kasian banget deh. Makanya itu gunanya dari kemaren belajar dan baca2 buat menghindari hal itu. Tapi emang ya gak peduli ulang tahun atau hari biasa, tetep aja bencana. Terakhir kali ada praktikum mikrobio itu semester 4, 1 tahun lalu.
Banyak cara kerjanya yg gw lupa padahal cara kerjanya gak banyak beda, paling cuma temanya lebih ke makanan. Mulai grogi, orang2 lain uda mulai gw masih bingung, mikir dulu situasinya gimana baru bisa nyusun cara kerja. Kerjanya si per grup tapi sama aja deh temen grup gw juga terakhir praktikum semester 4, sama2 banyak lupa, jadi lucu deh, akhirnya kelar juga.
Sempet juga ke tempat temen buat minjam monitor 2 hari. Jika komputer gw diduga punya masalah sama hardware paling cuma monitor rusak atau grafik card yang error. Coba diselamatin dulu, masih gak rela keluar duit buat beli baru. Malamnya kebetulan ada acara arisan PPI, jadi sekalian ketemu orang2 juga deh, gak perlu pusing lagi malamnya mo ngapain. Tadinya gw rencana pengen ngajak makan beberapa temen. Kalo mo bayar sendiri2 si gpp ngajakin lebih banyak lagi, kalo mo traktir ya cuma sedikit orang aja, masih student boy di jerman lagi, kalo di indo si gpp traktir orang masih bisa jatuh murah.
Yah seneng aja, orang2 yang gw harapin ingat ulang tahun gw semuanya ngucapin, yang gw pikir gak bakal pernah ngucapin ternyata ngucapin juga.
Thanks.


Bagian ketiga

Diam sejenak dan menyadari, eh gw uda 24 tahun hidup. Selamat juga sampe umur 24, yah mungkin aja kan takdir mengatakan umur gw cuma sampe 23. Lumayan juga lah masih hidup minimal sampe 24. Jadi gimana perasaan saat ini ? Yah begitu aja dah.
Perlu ngucapin syukur apa yah sekarang ? 1 tahun dari tahun kemarin uda ngapain aja ? Kayaknya gak terlalu banyak juga deh. Tapi masih boleh lah bersyukur karena uda berhasil kelar Vordiplom, berhasil menstabilkan perekonomian dan hal hal kecil lainnya yang gw juga lupa apaan ya. Sekarang sudah harus lah mulai memikirkan mau jadi apa tahun tahun yang bakal datang.
Apa si yang biasanya dipikirin orang di umur segini ? Kerja dan karir, kuliah, merit ???
Minggu kemaren si black monkey beneran merit. Selamat menempuh hidup baru aja deh. Ngebandingin gw ma dia emang beda, buat dia waktu terasa lebih cepat, tinggal mikir gimana mo bangun keluarga, kalo gw kayaknya terasa lambat, umur segini belum bisa jauh2 mikirnya.
Gw gak bisa mikirin salah satu diantara 3 itu. Gak bakal mungkin bisa kelarin kuliah tahun depan dan otomatis mana bisa juga mulai mikir kerja serius apalagi memulai karir. Merit apalagi. Jadi apa donk yang bisa diusahakan untuk 1 tahun kedepan ? Gak ada ide. Palingan cuma persiapan buat tahun2 mendatang. Maksudnya usahain supaya setidaknya 1 tahun ini kuliah lancar, bisa nabung juga buat masa depan gak perlu nyusahin bonyok lagi biarin dana buat adek2 gw aja, nyari pacar hohohohoho. Temen sekolah gw dokter onyet selalu bilang, gw dan cinta itu ciong, tapi jangan khawatir nyet gw gak bakal pernah kapok2 kok.

Jika wish gw sekarang supaya kuliah lancar, tambah dewasa, panjang umur kurang relevan buat diri gw sendiri. Itu mah sesuatu yang terlalu umum dan gak berarti. Yang berarti itu adalah gw musti belajar gimana cara bagi waktu buat belajar dan hal lain, melawan rasa ingin bolos kuliah kalau mau kuliah lancar, belajar bersikap dan berpikir yang baik dan benar kalau pengen dianggap dewasa, belajar hidup bersih, sehat dan teratur kalau mau panjang umur.

Begitu banyak hal baik dan jelek yang uda gw lewatin, gw cuma bisa bilang makasih buat semua
orang yang uda bantu gw dan bikin hidup gw lebih indah, maaf juga kalau gw banyak salah. Syukur buat momen momen indah selama ini.

Tertanggal : 24 ke 25 oktober

No comments: