Wednesday, October 22, 2008

Semester 3

Review semester 3. Winter semester okt 06-maret 07

Peraturan ujian mengatakan kesempatan kedua untuk menulis ujian dibatasi paling lambat 1 tahun setelah ujian pertama gagal. Jika diabaikan maka kesempatan kedua dinyatakan gagal dan selanjutnya harus ikut ujian lisan sebagai kesempatan ketiga dan terakhir.
Ujian lisan itu neraka buat pelajar asing. Dengan kegagalan 2 ujian di semester kemarin, makanya semester ini gw akhirnya memutuskan untuk ngambil lagi 2 pelajaran itu dan beberapa pelajaran asli semester 3 yang cuma ada setahun sekali.
Setidaknya semester ini gak kayak semester 2 kemaren. Ada bagusnya juga pulang indo, di sana gak ada jaringan internet yang kuat jadi gak bisa main online game lagi. Balik2 ke jerman malas main lagi. Bolos kuliah gak lagi sebanyak semester lalu.
Mulai semester ini mulai ada praktikum tiap minggu. Kayaknya buat gw yang namanya praktikum itu sulit. Di semester 1 dan 2 tiap libur semester ada praktikum wajib dan selalu kesulitan. Biar sebelumnya uda baca skript praktikumnya selalu aja gak terlalu ngerti sebenarnya latar belakang teorinya dan selalu bingung gimana cara ngerjainnya. Apa yang dijelasin asistennya gak semua bisa gw tangkap. Masalah bahasa bakal jadi masalah sepanjang kuliah kayaknya. Hampir selalu jadi grup orang terakhir yang keluar labor. Sekarang praktikumnya tiap minggu, gimana gak pusing tuh minimal seminggu sekali jadi orang lemot.

Pada akhirnya gw berhasil juga ngelulusin 2 pelajaran ulangan itu biar dengan nilai di pinggir jurang. Lagi2 nilai ngepas, kecewa bener juga engga sih karena lulus tapi penasaran juga kenapa susah bener dapet nilai yang lebih baik. Selain itu ujian praktikum juga lewat dan ada 1 ujian lainnya. Ada 2 pelajaran lain yang akhirnya gw gak jadi ambil ujiannya. Gak sempet belajar dan pasti gagal punya kalau tetep nekat.Bisa dibilang semester ini lumayan berhasil. 4 ujian yang gw tulis lulus.

No comments: