Wednesday, October 15, 2008

Semester 2

Review semester 2. Sommer semester april 06- sept 06

Ada lagi penyakit gw yang disebut new semester syndrom. Biar uda kuliah 1 semester tetep aja kagak ngerti tentang kuliah sendiri. Gw masih tetep bingung ngatur jadwal kuliah, masih bloon gimana gw bisa nyari info dari website kampus. Kecepatan mendapat info sangat berpengaruh, waktu itu ada 1 pelajaran yang harus dafatr online karena tempat terbatas. Sebenarnya gw uda sedikit telat tapi masih ada tempat kosong. Gw masih mikir2 mo ambil pelajarannya atau engga, terus gw biarin dulu. Walhasil akhirnya tempat kosongnya abis jadinya gak bisa ikut 1 mata pelajaran dari semester 2. Gak gitu nyesel karena jadi ada waktu ekstra buat kerja, tapi harus terima uda jelas ngutang 1 mata kuliah.

Kekhawatiran gw pun benar, semangat gw gak kayak kemaren. Bolos makin menjadi dan gw mulai ketagihan online game. Pikiran uda gak di kuliah lagi, banyak bolos cuma buat main di rumah. Kuliah yang memang kalau rajin aja belum tentu ngerti sekarang makin kagak tau apa2 karena sering bolos. 1 semester cuma mikirin gimana ngegedein charakter yang efisien dan benar building statistiknya, cepet level up, nyari tips dan trik dsb.

Tiba juga masa ujian. Ujian pertama lulus. Sampe sekarang gw masih ketawa sambil heran, kok bisa lulus ya. Kelasnya gak pernah ikut, cuma rajin ikut tutorium tanpa ngerti apa yang diajarin. Lagi2 ketolong ujian kemarin. Sebenernya belajar dari ujian kemarin aja gw gak terlalu ngerti2 amat, tapi lewat juga karena banyak soal mirip. Ujian kedua mah murni nyontek. Kisi2 ujian dikasih yang sama persis sama ujiannya, ngapalin juga jawabannya tapi akhirnya waktu ujian gw sambil bawa contekannya juga, malas ngapalin mati semua. Lagi2 lulus.
Karena waktu liburan semester sempet pulang indo dan emang di indo gak bakal bisa belajar biar uda bawa bahan kuliah, gw harus terima waktu pulang lagi ke jerman, gw gak siap sama 2 ujian yang sudah menanti. Harusnya gw mengundurkan diri, tapi akhirnya nekat, gak lewat 2 2 nya. Dengan aturan 3 kali kesempatan ujian, kalau 3 kali gak lulus ujian yang sama langsung DO, jadinya harus hati2 bener jangan sampai kesempatan terbuang sia2. Tapi kadang harus berani nyoba, soalnya gak ada semester pendek di sini dan buat mata kuliahnya Vordiplom nilai gak penting asal lulus. Kalau bisa keburu belajarnya, mending ikut ujiannya, kalau engga harus nunggu semester depan atau tahun depan.

Orang bilang kuliah di universitas itu suck banget dibanding di Hochschule alias sekolah tinggi. Itu benar. Dasar pemikirannya kuliah di Hochschule lebih cepat, bahan kuliah/ujiannya lebih sedikit sehingga ujian lebih mudah dan orang2nya saling kenal karena belajar di kelas kecil gak kaya ini, kagak tahu sapa aja temen seangkatan dan sejurusan. Banyak orang yang masih keliatan di semester 1, sekarang uda gak keliatan lagi. Salah satu temen gw pindah ke TFH. Sejak gw di TU, gw gak pernah kepikiran lagi buat pindah TFH. Rasanya gak terlalu parah2 amat kuliah di uni. Lama2 bisa adaptasi dikit2 dan berusaha jalanin aja dulu. Gw belum mikir, kuliah di uni sangat sulit sehingga gw gak bakal bisa lulus. Lagian di tempat lain juga belum tentu semudah yang dibayangkan.
Dengan demikian utang mata kuliah gw sekarang jadi 3. Jelas kuliah gw pasti molor.

No comments: