Monday, January 21, 2008

mündliche Prüfung ?

Nah ini dia tema yang paling ditakuti sama pelajar2yang kuliah di sini. Wajar wajar aja sih, soalnya yang namanya mündliche Prüfung alias oral test ini menandakan kalau ujian ini adalah kesempatan terakhir buat lulus dari 1 mata kuliah terutama buat pelajar2 yang masih di semester awal.
Yang namanya baru awal2 masuk kuliah gimana bisa PD kalau menghadapi ujian mündlich. Biar katanya udah ikut les bahasa, uda lulus studkol, mungkin udah bertahun tahun tinggal di jerman tapi yang namanya orang indo apalagi di berlin kebanyakan bakal ngerasa kok Deutsch gw segitu segitu aja.
Cukup lah buat bikin orang ga bisa tenang tidur.
Gimana konsekuensinya kalo misalnya mündlich gagal juga ?
Hmmm, ga mau gw bahas ah.
Buat orang orang jerman sih malah demen mereka. Buat mereka sih lebih gampang ikut mündlich daripada ikut yang schriftlich. Malah orang bisa lebih mungkin dapet nilai bagus kalau ikut ujian mündlich.

Waktu gw pertama kali mikirin gimana kalau gw harus ikut mündlich. Serem, pasti. Berusaha supaya gak sampai kejadian.
Terus uda agak lamaan pikiran gw berubah. Mungkin mündlich itu menarik.
Loh, kok menarik ? Udah mulai gak waras kali gw.
Kalo gw liat lagi modul buat kuliah gw, ntar di Hauptstudium sebagian besar ujian itu mündlich, udah jarang yang schriftlich lagi. Akan lebih bahaya lagi kalau gw masih menganggap mündlich itu mimpi buruk. Suatu saat gw pasti bakal ujian mündich.
Menarik karena selama ini gw gak pernah ujian mündlich. Gw ga pernah punya pengalaman ujian lisan kayak gini. Selama ini paling cuma tes oral buat Deutsch aja di Sprachkurs atau Studkol. Temanya juga tema sehari hari, gak berat.

Hari ini gw baru selesai ujian biokimia. Versuch kedua.
Merasa gak bisa.....

Argggggggggggggggggg.............
X____________________X

Makan dah tuh kata kata.
Menarik palalu.
Hiks........
Bisa gak lewat lagi.

Mündlich.....
X_X
sob......

Tuh bakal ngerasain yang namanya mündlich, tadi katanya kan mau ngerasain.
Duh mulut. Ngomongnya doank gede.......

No comments: