Thursday, January 31, 2008

31 Januari 2004

Bangun pagian, gak ada perasaan apa2. Ngeliat koper koper yang uda disiapin dari kemaren2, yakin gak ada yang kurang, komplit semua.
Pagi dan siang mau ngapain ya kira2. Kayaknya gw harus nonton dulu the lord of the ring 3 selagi sempet. Di jerman mo nonton dimana coba. Daripada gantung emang harusnya dikelarin hari itu juga.
Makin lama makin siang sudah saatnya berangkat ke bandara. Di mobil gw cuma diam, semuanya juga diam. Ga ada satupun yang ngobrol banyak, becanda2 juga engga. Bokap kayaknya waktu itu juga gak ngomong banyak, ngasih advise panjang juga engga. Gw uda lupa apa yang saat itu gw pikirin.
Gw gak nervous, juga gak exited. Ini keinginan gw sendiri buat ke jerman. Gw gak ngebayangin semua bakal mudah dan sesuai rencana. Gw ngebayangin ini cuma awalnya dari sebuah perjuangan panjang. Lagi2 sebuah perjuangan. Sampai di jerman pasti semuanya gak ada yang mudah. Gw bertanya2 kira2 kesulitan apa lagi yang bakal gw hadapi di sana.
Bandara Soekarno-Hatta.
Datang seperti waktu yang disepakati bersama, bertemu dengan anak2 GCC yang akan pergi bareng juga. Menunggu.
Detik detik terakhir air mata orang2 mulai bercucuran. Gw tetep gak ingat apa lagi yg gw pikirin saat itu. Tak ada air mata buat moment itu. Sudah biasa jauh dari orang tua. Tapi tiket pesawat yang gw pegang mau gak mau membuat gw merasa mulai gak tenang. Sebentar lagi gw akan meninggalkan indonesia. Gak tau kapan lagi bisa balik. Gw pun harus menahan juga semua gejolak di dalam.
Gw melihat keluarga gw terakhir kali, nyokap gw uda nangis dari tadi. Melihat temen2 baik gw yang akhirnya jadi nganterin juga dan melihat temen baik bokap gw beserta keluarganya, yang anak2nya jadi kenalan baik gw juga.
Dan gw berjalan menuju pesawat tanpa menoleh ke belakang lagi. Menuju masa depanku.

Selamat berjuang.

No comments: