Sunday, January 27, 2008

A Tribute to Wacana Bhakti (2)

Akhirnya bisa lanjutin lagi kisah masa SMU gw yang unik ini. Buat orang yang baru kenal gw di jerman, mungkin kisah ini agak asing. Gw berusaha supaya bisa mendeskripsikan semuanya dengan jelas. Buat kalian yang pengen mengenal latar belakang gw, musti baca dari sini. Soalnya lo gak bakal pernah denger dari mulut gw langsung. Pasti banyak yang kelupaan, enakan ditulis.


MOS

Surat penerimaan dari seminari uda gw terima beserta check list barang2 yang harus dibawa. Itu harus diperhatiin soalnya gw bakal tinggal di asrama. Gak lucu kalau di sana kekurangan celana dalam kan. Masa baru sehari masuk besoknya izin keluar buat belanja barang. Lagian di sana itu baju cuci tangan sendiri, gak ada yang nyuciin dan gak ada mesin cuci. Yang gw inget, di list paling bawah disuruh bawa ember, sikat dan sabun cuci.
Gw lupa tanggal berapa anak2 baru disuruh datang, sekitar juli 1999 sore2 sebelum anak2 sekolah lain masuk, diantar sama keluarga. Bawaannya anak2 baru itu jadi tontonan buat senior. Koper gede, jumlahnya variasi, ada yang cukup 1 ada yang 3. Yang lucunya si ya embernya. Gak pernah kan liat orang nenteng tas sambil bawa ember.

Keluarga akhirnya pulang dan kami dikumpulkan di hall basket dengan bawaannya masing masing dan langsung MOS dimulai hari itu juga. ( di WB namanya itu Exodus (lat) = keluaran )
Dinamakan begitu untuk mengingat kisah keluarnya orang israel dari mesir, penuh kesukaran.
31 orang berkumpul hari itu membentuk 1 angkatan baru, angkatan 13 KPP dan 8 orang lagi
( gw lupa berapa tepatnya ) membentuk angkatan 13 KPA.

KPP= kelas persiapan pertama, program buat yang baru lulus SLTP.
KPA= kelas persiapan atas, program buat yang sudah lulus SMU.
Bedanya KPA cuma tinggal 1 tahun, KPP 4 tahun. Kalau masih belom ngerti, ntar sambil gw cerita mudah2an bakal ngerti.

Gw termasuk salah satu angkatan KPP. Di MOS itu kami dibagi menjadi 6 divisi, grup kecil dan KPA dijadikan 1 divisi. Mulailah hari hari penuh penderitaan gw di WB.
Gw masuk divisi 5 bersama temen2 gw aron,reski,wardi,ignas dan okta. Bersama mereka lah gw menjalani MOS. Hari itu kita disuruh buat mars divisi sama yel yel, gambar bendera divisi terus diikat di tongkat dan ditutup dengan permainan Trust Walk.
Perlu dicatat saat itu kami belum melihat kamar masing2. Bawaan cuma ditinggal di Hall basket dan malam itu anak2 baru tidur di ruang kelas sekolah Gonzaga cuma dengan alas koran dan obat nyamuk. Itu hari pertama baru kaget karena gak langsung dikasih kamar tidur. OK

Hari kedua ini yang berat. Sekarang MOS sebenernya dimulai, yang bikin beda sama sekolah lain. Permainan selanjutnya adalah jaring laba-laba. ( Gw lebih seneng menyebutnya penyiksaan daripada permainan )
Ada yang tau gimana mainnya? Kalau tahu bayangin deh hari kedua itu semua bawaan gak boleh ditinggal. Semua harus dibawa dan jaringnya dikasih oli, gak bakal gak kotor. Jadi gak cuma orang yang harus lolos dari jaring tapi semua bawaan 1 divisi pun harus masuk. Mulai dimaki maki.
" Bawaan lo tu dikit, gak liat temen lo yang bawaannya banyak , bantuin napa!"
" Mikir donk pake otak, gimana masukin orang sama barang2 ke jaring!"
" Lo dari tadi cuma nyusahin temen2 lo aja, bantuin dikit napa!"
" Kenapa lo cuman masukin barang lo sendiri, egois bener!"
" Takut kotor lo, nih sekarang udah kotor." Sambil meper tanah ke baju.
Gak keitung caci maki dari senior2. Gak peduli salah atau bener. Badan cape karena harus bawa semua barang, hati juga uda panas. Gak keitung juga kesalahan2 waktu MOS, uda berapa ratus,ribu push up, sit up harus ditebus. Dijemur, tiarap,merangkak dsb. Ditambah lagi pos pos seperti MOS pada umumnya dan perjuangan buat minta tanda tangan orang. Seharian penuh disiksa dan masih berlanjut besok. Bener bener kayak kaderisasi pecinta alam.
Badan bisa istirahat malamnya tapi hati dan perasaan kagak. Lo gak pulang ke rumah, gak bisa melampiaskan kekesalan di rumah. Lo mo maki maki balik, jangan pernah berani nyoba. Mandi pun seadanya di wc sekolah. Tidurnya juga masih di kelas.
Besoknya masih lanjut lagi, sama juga. Gw lupa berapa hari MOS nya, berapa hari musti tidur di kelas. Semangat gw hilang, sakit hati dan sama sekali gak nyangka kalau bakal diginiin.
Mungkin dari cerita gw, MOS terkesan kayak normal aja. Di sekolah lain juga sama. Enggak.
Gw udah gak bisa cerita detail lagi gimana. Memori tentang masa itu uda mulai kabur. Lagian baru cerita MOS aja uda jadi panjang begini, kasian juga yang baca.

Setelah MOS selesai baru kami bisa masuk kamar, bisa naro barang, bisa mandi normal, tidur normal, nyuci baju ( ngebuang baju kali tepatnya). Selanjutnya cuma pengenalan kompleks, kegiatan sehari hari, perkenalan dengan para karyawan seminari dan pastur pendampingnya ( istilahnya pamong ) dsb.
Penutupnya adalah welcome party buat anak2 baru. Namanya doank party tapi penyiksaan mah tetep berlanjut.
Dan akhirnya dimulai tahun ajaran 1999/2000.

Pengaruh MOS buat gw besar, segala macam bayangan tentang seminari itu buyar. Gw bener2 down, semangat hilang, kecut menghadapi tekanan fisik dan mental yang bakal ada tiap hari.
Dan sejujurnya gw gak pernah bisa bangkit lagi.
Ada temen yang mikir buat pindah cepet cepet, mumpung masih keburu. Gak ada seorang pun yang cabut. Angkatan tetep 31 orang utuh. Gw saat itu baru umur 15, masih anak2, manja juga, lembek tapi somehow menjadi lebih tahan banting, tougher. Gw gak kepikiran buat mundur, gw tetep mau lanjut.



berlanjut...


No comments: