Monday, March 24, 2008

A Tribute to Wacana Bhakti (6)

Dalam perjalanan pulang, gw sempet bertanya sama bokap, bagaimana jika gw keluar dari seminari sekarang. Dia cuma menjawab gak apa apa kalau memang sudah dipikirkan baik2 dan menyarankan untuk membuat daftar positif dan negatif jika keluar. Daftar yang sama seperti yang dianjurkan oleh pembimbing rohani gw. Gak begitu membantu, malah bikin bingung. Gw belum bisa memutuskan sekarang dan coba santai dulu. Gw nikmatin dulu piala dunia 2002 yang akan berlangsung dan sampai berakhirnya piala dunia gw sama sekali gak memikirkan apa2 lagi.

Brazil keluar sebagai juara dunia dan gw kembali ke masalah awal. Begitu beratnya untuk membuat suatu keputusan. Gw tetep bingung, gw tetep belom rela. Gw uda mulai nyaman di sana.
Tapi...
gw merasa capai, lelah. Apa lagi yang bisa gw perjuangkan ? Sebuah surat kelulusan dari seminari ?
Apa lagi yang harus gw jawab kalau ditanya kelanjutan abis dari seminari menengah ? Mo lanjut kemana? Kalau ternyata syarat live in itu ditagih, apa lagi alasan gw ?
Memang benar panggilan imamat bukan cuma masalah perdebatan, pergumulan batin dengan diri sendiri. Tekanan dari luar seperti pastor pembimbing, rektor seminari, umat dll sangat berpengaruh. Gak jarang orang gak bisa lanjut gara2 bermasalah dengan rektornya, pembimbingnya dan mengundurkan diri.

Gw ngubungin rektor seminari waktu liburan dan memutuskan untuk mengundurkan diri. Baru saat liburan itu keluar kata2 untuk mengundurkan diri, jadi temen2 seperjuangan gw belom ada yang tahu sampai mulai masuk lagi. Gw juga memutuskan untuk keluar dari SMU Gonzaga. Gw gak bisa mulai hidup lagi di sana sebagai murid biasa bukan lagi sebagai seminaris. Lagian jauh sekolahnya, kan gw harus berangkat dari rumah, enggak ngesot lagi kayak dulu.
Bahan pikiran lagi, mo pindah kemana ? Gw gak bisa mikir yang susah susah. Tadinya pengen pindah ke Marsudirini matraman, tapi akhirnya gw nyoba dulu daftar ke Marsudirini Kemang Pratama yang deket rumah. Di sana ditolak, gak terima siswa pindahan kelas 3 katanya. Pusing lagi. Waktu mepet musti dapet sekolah, kalau ga dapet masa gak sekolah, edan aja. Akhirnya gw minta bantuan sama pastor rektor seminari, untung dia mau bantuin. Berangkatlah kami ke Marsudirini ketemu sama suster kepala sekolahnya. Gak berkutik sekarang susternya, akhirnya boleh masuk. Akhirnya mulai bisa ngurus kepindahan, minta surat pengantar dari Gonzaga sama nilai2nya, ngurus ke depdikbud dan ngurus di marsud. Untung lancar semuanya.

Hari pertama masuk seminari masih MOS nya anak2 baru, gw pun juga datang. Gw udah gak dapat kamar lagi di sana. Gw bilang ke temen2 angkatan gw kalau gw uda resmi mengundurkan diri. Dini hari itu diadakan pesta rakyat alias pesta perpisahan buat melepas gw dan 1 orang temen gw. Gw juga menikmati pemandangan kota jakarta dari atas menara air asrama untuk terakhir kalinya sama temen gw yang sama2 keluar.
Di saat makan siang, kami berdua mengumumkan secara resmi ke seluruh komunitas pengunduran diri kami. Satu persatu pun menyalami kami termasuk anak2 yang baru masuk. Sorry banget gw gak bisa jadi contoh yang baik buat kalian. Baru masuk tapi uda harus ngalamin beginian. Gw dulu juga gitu, awal2 masuk kaget, sedikit schock begitu ada yang mengundurkan diri. Mudah mudahan tidak mematahkan semangat kalian.

Begitulah akhirnya. Dari 4 tahun akhirnya cuma tahan 3 tahun. Mengingat lagi ke belakang, 3 tahun yang lalu gw gak ngerti kenapa gw bisa masuk ke sini, perjuangan dan segala kesabaran. Sampe saat terakhir, gw baru bisa mengerti. Banyak pelajaran yang didapat. Gak ada yang sia sia. It's really worth it to fight. Gw mengakhirinya di saat yang tepat, saat semuanya lebih baik dibanding tahun sebelumnya dan gw gak akan menyesalinya. Gw puas, setidaknya gw bisa ngerubah dari gak betah sampe betah, dari dengan senang hati kalau disuruh keluar sampe berat hati buat keluar.

Gw pengen mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada pastur2, bruder2, suster2 dan frater2 pembimbing WB; karyawan2 seminari; rekan2 seminaris KPP angkatan 10,11,12,14,15; KPA angkatan 13,14,15 dan terutama teman2 KPP angkatan 13.
Andi, andito, angga, angger, arthur, andreas, aron, albert, adit, budi, dwi, elbanus, ferry, gado, ignas, mandosi, marvin, obrien, okta, pitoyo, riyanto, richie, reski, titan, teddy, wilfred, wardi, wawan, yulius, yudha.
Terima kasih buat saat2 di mana kita bersama.
Gw udah gak ada lagi ketika year book dibikin. Gw gak pernah ikut menuliskan sesuatu.
Selamat berjuang juga buat yang masih terus ke seminari tinggi dan buat teman2 yang lain. Doa dan dukungan buat kalian.

Seminari menengah Wacana Bhakti, this is a tribute for you.

No comments: