Sunday, March 30, 2008

Sebuah Awal Baru

Apa sih yang terpikir pertama kali ketika mendengar nama jerman ? Sepak bola, hitler, eropa, teknik mesin, mobil, kuliah gratis dll ?
Nah yang terakhir mulai mendekati awal mula cerita gw kenapa bisa terdampar di sini. Gw itu gak pernah kepikiran buat kuliah di luar, apalagi di jerman. Selama sekolah gw sama sekali gak mikirin kuliah. Kelas 1,2 gw masih bergelut sendiri. Kelas 3 gw dalam tahap penyesuaian diri lagi sama suasana baru dan menikmati kebebasan yang gak ada di asrama. Info pertama tentang jerman gw dapet dari promosi pendidikan di sekolah, dari gcc. Sebuah lembaga pendidikan yang membantu orang yg ingin kuliah di jerman, biro jasa gitulah. Akhirnya gw cari sambil lalu informasi tentang kuliah di jerman. Ikutin seminar gcc dan konsultasinya. Gw tetep nyari2 kuliah di indo juga. Sempet lulus ujian masuk di atmajaya tapi gw lewatin gitu aja. Gak tau apa yang ada di pikiran gw, padahal gw belum bulet mutusin buat kuliah di jerman. Gw milih konsen dulu ke ujian akhir, abis itu baru les bahasa jerman intensiv. Gw berani begitu karena masih ada harapan buat UMPTN kalau misalnya akhirnya gw ga jadi ke jerman. PD banget ya, padahal UMPTN kan gak gampang. Dari waktu gw gak ngambil atma, uda dibilang nekat dan besar resikonya.

UMPTN lulus juga, gak bikin gampang malah bingung. Gimana lagi nih, mau terusin gak les jermannya ?
Seorang yang normal mungkin bakal milih UMPTN, tapi akhirnya milih ngelepas lagi UMPTN di saat2 terakhir. Beberapa temen les gw berenti les dan ngambil UMPTN tapi ada juga yang berani ngelepas UMPTN. Nah ini dia sebenernya jadi hal pertama yang orang butuhkan buat kuliah di luar. KEBERANIAN.
Apa orang siap mental ? Dan apa keinginan dari diri sendiri cukup kuat ? Jangan ngikutin keinginan orang lain.
Di luar negri sendirian, jauh tanpa keluarga, ngurus semua sendirian. Gw mikir selain faktor luar negri yang lain bukan hal yang baru kan ^^v. Buat orang yang pernah hidup jauh dari keluarga harusnya sih gak masalah. Ini maksudnya gw bilang kalau gw gak pernah di asrama gw juga gak bakal pernah berani ke jerman. Akhirnya gw ngerti, kenapa gw yang begini itu bisa aja diterima di seminari. Rencana Tuhan itu indah, ternyata itu semua buat ngebuka pilihan gw kuliah. Gw ikut aja deh kesempatan yang uda ada ini dan gak henti2nya gw bilang, gw uda ngelepas sesuatu yang besar (UMPTN) buat ngejar sesuatu yang lebih besar lagi. Gw berharap mudah2an jalan yang ini gak salah.

Keuangan ok, meski gw sebenernya agak ragu juga cukup mampu gak keluarga gw. Soal duit juga gak kalah penting. Pengeluaran di sini orang gak bakal pernah tahu, bisa banyak bisa sedikit tergantung orang ngaturnya. Bokap yang meyakinkan gw buat gak usah khawatir soal duit. Ini nih jeleknya kalau orang tua gak terbuka soal keuangan sama anak anaknya. Gw sih gak pernah ngerasa bonyok punya banyak duit berlebih dan gw berjanji gw bakal kerja di jerman sambil hidup hemat. Gw tahu gw bisa ngatur duit. Dari tanya2 orang yang uda di sini gw dapet perkiraan pengeluaran bulanan.

Satu lagi yang jadi keharusan buat gw adalah kemampuan bahasa. Gw mengsyaratkan diri harus lulus ujian ZD, jerman dasar di goethe. Gw gak mau datang tanpa modal sertifikat bahasa. Kalau gak lulus, gw batalin semua rencana kuliah di jerman. Gw hampir gak lulus ujian oralnya seperti dugaan gw. Buat sebagai peringatan, kuliah di sini gak bakal pernah gampang.
Kata temen gw sih, kalau memang harus jalannya begitu pasti pintu bakal terbuka.
Dan gw percaya dengan lulus ZD, pintu menuju ke jerman sudah terbuka dan gw gak boleh ragu lagi.
Semua dokumen yang dibutuhkan sudah siap dan menanti tanggal 31 januari 2004.
Sebuah awal baru.

3 comments:

Anonymous said...

blogwalking...nemu dari blognya tamiee...
wah, kuliah jauh banget ya..

salam kenal ya...

-blogger makassar-

keep blogging
keep on touch

*pasang shoutbox donk*

rote_juwel said...

Hallo, gw Stephanie. Gw anak Makassar. Maw kuliah nih d Jerman... Tp gw bingung tempat les bahasa Jerman d Makassar... Kira2 u taw ngga??

wete said...

buat stephanie
waduh kalau yang anak makasar aja gak tau apalagi gw. alternativ mungkin les di goethe, pilihan lain les privat sendiri buat dasarnya aja, terus lanjutin kursusnya di jerman.