Tuesday, March 4, 2008

A Tribute to Wacana Bhakti (3)

KPP

Dan dimulailah masa2 sekolah.
Bukan sekolah si sebenernya, soalnya kelas KPP itu bukan sekolah resmi. Gak terdaftar di depdikbud dan gak punya kurikulum resmi. Namanya juga kelas persiapan, gak diitung kelas 1 SMU, istilahnya kelas 0. Di sini seminari bisa membuat kurikulum sendiri yang jadi pelajaran tambahannya, seperti agama, kitab suci, sejarah gereja, bahasa latin, liturgi dan bbrp pelajaran penting seperti bhs indonesia, matematik, fisika dll.
Jadi waktu gw kebuang 1 tahun di sini. Jangan nanya kenapa gw lulusan 2003, barengan sama yang tadinya adik kelas. Gw bukan veteran!!!
Untuk yang KPA juga sama, mereka dapet pelajaran yang kurang lebih sama dengan KPP dengan kelas terpisah. Nasibnya juga sama, di luar kurikulum resmi dan membuang 1 tahun.

Tahun pertama buat gw itu berat banget, lupakan MOS yang bikin trauma, tapi perjuangan di tahun pertama lebih dari itu.
Ada prinsip 4s yang dijadikan pedoman dalam pendidikan seminari wacana bhakti.
sanitas, sanctitas, societas, study ( lupa istilahnya )
kesehatan, kesucian, sosialisasi dan pelajaran.

Yang bakal menjadi problem utama dari gw dan pastinya semua temen2 seangkatan gw adalah sosialisasi. Inti perjuangan awal gw. Umur kami 15-16 tahun, selama ini tinggal bersama orang tua dan belom mengenal masing2. Kami dipaksakan untuk tinggal bersama dalam 1 atap. Kami bukan orang dewasa. Kami masih anak2 dengan ego yang tinggi. Di sinilah kami harus belajar untuk saling menghargai, saling menghormati dan berusaha untuk mengerti.
Dalam angkatan kami sendiri seperti umumnya banyak masalah. Berantem antar temen sendiri, antar temen sekamar bahkan dengan kakak kelas. Semuanya harus bisa dilewati kalau kami ingin membentuk suatu komunitas yang kompak dan bisa membantu satu sama lain dalam hidup panggilannya atau juga hal yang lain.
Di sana 1 kamar isinya rata2 3 orang dengan kamar mandi sendiri. Yang KPP akan mendapat teman kamar KPP juga supaya kekompakan sesama teman angkatan bisa langsung dibina. Yang kelas 1 dan 2 akan dicampur. Yang kelas 3 dan KPA kembali dipisah.

Gw harus melawan diri sendiri. Gw bukan orang yang sosial, gw orang yang ber ego tinggi, gak pernah peduli sama orang lain, tidak terbuka dan gak suka diganggu.
Iya, gw gak betah tinggal di situ. Gw sulit untuk beradaptasi dengan temen kamar, temen seangkatan, apalagi dengan kakak kelas. Ketidakmampuan ini yang akhirnya mempengaruhi seluruh motivasi dan semangat gw untuk menjalani tujuan awal gw.
Saat itu juga gw uda bisa bilang, gw gak bakal jadi pastur. Buat anak baru, kami dilarang ketemu orang tua selama 3 bulan pertama. Gak boleh keluar asrama sendiri, kunjungan dari orang tua sebelom lewat 3 bulan dilarang. Gak masalah buat gw. Seakan akan gw uda biasa jauh dari rumah. Ga ada yang namanya home sick selama itu. Masalahnya cuma itu, sosialisasi. Di saat teman2 angkatan gw uda mulai bisa beradaptasi satu sama lain, gw engga. Gw selalu asik dengan dunia sendiri dan jujur aja gw sempet membenci beberapa orang.


Buat hal2 lain, gw bisa. Seperti mencuci baju baju sendiri itu gak masalah. Malah gw terhitung salah satu yang rajin mencuci, di saat orang lain nyetok banyak baju supaya gak sering2 nyuci, multi-side user alias side a,b,c,d atau membeli parfum untuk menyamarkan bau2 baju lepek. Nyucinya pakai tangan, gak ada mesin cuci, buat pelajaran supaya gak manja. Gw gak tau buat yang lain gimana, tapi buat gw belajar ngurus yang kecil2 kayak gini malah menarik. Mungkin itu yang bikin kami beda sama orang lain. Di umur yang masih muda udah tinggal sendiri. Kalau menurut gw si di seminari orang pertama2 bukan dididik rohani dulu tapi belajar buat mandiri dan hidup bersama orang lain. Pastur gak bakal bisa bertahan sendiri, dukungan dari temen seperjuangannya gak kalah penting.
Soal makanan juga gak masalah biar seminari dikenal sebagai tempat diet yang baik, yang kebanyakan menu utamanya cuma tahu tempe dan diduga kekurangan gizi.

Rutinitas sehari2 juga gak masalah. Bangun jam 5 pagi untuk ikut misa harian, sampe menutup hari dengan doa malam. Setiap hari dengan jadwal kegiatan yang hampir sama dan di saat gw merasa bosan dengan kegiatan yang monoton, gw cuma ingat kata2 frater pembimbing. Di luaran juga sama aja. Setiap orang juga punya kegiatan yang itu2 aja. Itu yang disebut rutinitas.
Salut deh frat, gw ga tau jawaban apa lagi yang lebih bagus.
Jadwal harian juga yang akhirnya mengajarkan hidup teratur dan disiplin. Gw gak pernah bolos misa pagi dan hampir selalu ikut doa malam.
Gw gak punya pelanggaran berat peraturan asrama. Tahun pertama harus baik2 secara kakak kelas pun ikut mengawasi.
Kesulitan gw cuma motivasi dan sosialisasi, gw sering bolak balik ke pastor pembimbing dan pastor pembimbing rohani pribadi buat ngobrol2, curhat atau minta nasihat. Mereka tahu semangat gw goyah. Gak ada juga sih yang jadi panutan di sana.
1 tahun gw banyak belajar dan banyak bergelut.
Gw udah gak yakin lagi dengan jalan yang gw pilih. Tapi gw berharap saat naik kelas, kalau semuanya akan menjadi lebih baik. Lagian malu juga, baru 1 tahun masa uda nyerah.


berlanjut....

No comments: