Saturday, March 29, 2008

Ketidakyakinan

28.03.08

Hari ini cuma sebuah hari biasa di tengah liburan semester 5. Liburan ya. Sebuah istilah rancu. Gw kayaknya gak pernah merasa gw bener2 punya liburan sejak kuliah. Ada aja lah praktikum yang makan waktu libur atau ada aja ulangan susulan di akhir liburan. Artinya belajar waktu libur dan waktu gak pernah cukup buat belajar. Biar mungkin ujiannya sebulan lagi, gak bisa gw ngambil 1 minggu buat bener2 nyantai baru 3 minggu sisanya belajar. Sekali merasa libur ntar susah lagi numbuhin mental belajar. Salah satu kesulitan gw jika ada ujian akhir liburan.

Contohnya kayak sekarang. Cuma 1 ujian saja dan waktunya 1 bulan buat belajar. Sekarang tinggal 2 minggu lagi. 2 minggu kemaren gw gak libur, tetep belajar santai. Masih aja gak ada motivasi buat bener2 memperjuangkan 1 ujian ini. Gw uda tempel kertas di monitor komputer, proyek thermo 2 gede2. Gw tahu, kalau gw bisa lewat, semester depan gw bisa konsen ngulang 2 mata pelajaran sisa buat dapet Vordiplom yang artinya mata kuliah dasar uda abis dan gw bisa ngambil mata kuliah penjurusan.

Kalau gw liat ke belakang, kuliah gw juga gak macet2 amat kok. Setidaknya tiap semester ada ujian2 yang lulus. Gak ada semester yang kebuang sia2. Tapi akhirnya gw cuma bisa dapetin vordiplom di semester depan gw, semester 6. Itu juga kalau 3 sisa mata kuliah lulus semua besok. Seharusnya si kelar dalam 4 semester. Ngaret 2 semester donk. Sangat normal lah di sini. Banyak kok yang ngaret2 juga. Gw si nargetin 2008 uda Vordiplom, masih bisa terpenuhi lah.

Ngeliat ke depan ada 6 semester lagi buat Hauptstudium (mata kuliah penjurusan). oye, 3 tahun lagi kuliah. Itu kalo lancar. Gw si gak yakin bakal lancar. Taro deh 8 semester lagi tambah ngaretnya. Jadi 4 tahun.

Gw merasa jenuh, bt, stress. Harusnya dengan lamanya waktu kuliah banyak pelajaran yang nyantol di kepala, tapi engga juga. Gw gak tau gimana cara belajar yang baik. Buat sekarang nilai buat gak penting, asal lulus aja uda sukur. Ngerti gak ngerti asal lulus. Banyak tuh kasus2nya gw lulus karena hoki. Biasanya ujian sini boleh bawa 1 kertas kosong buat contekan resmi. Nah gw tulisin dah soal2 teori dari ujian lama atau sumber lain. Nah jadilah gw bisa lulus bagian teori tanpa ngerti apa2 kalau pas keluar sama contekan. Ok cukup dengan kebobrokan sistem belajar gw.

Untuk pertama kalinya gw stress sambil keluar pikiran buat pindah ke FH. Kalo stress doank mah uda sering. Tapi gak pernah sampe mikir buat pindah. Alasannya si karena FH relativ lebih mudah dan lebih cepet. Yah gw tahu FH emang begitu. Pada awalnya gw juga pengen kuliah di FH drpd uni. Tapi dapetnya di uni, ya sudah jalanin. Lulus tua sudah pasti tapi di uni dapetnya gelar dipl ing di FH sekarang uda bachelor. Sayang kan lulus tua tapi cuma bachelor.
Dari konsep ini, gw bilang ke diri sendiri, fight fight fight. Sapa tau it's worth it lagi to fight dan gw yakin banget itu bakal worth it.

Gw cuma sedang butuh penyemangat..............

1 comment:

PiPiTa said...

keep fighting!
wah, jd pengen kuliah di Jerman jg..