Monday, March 17, 2008

Sayur terong dan sayur oyong

Loh kok tiba2 gw ngebahas tentang sayur. Pertama kali gw tahu kalo sayur ini exist baru di seminari, karena sayur ini menjadi menu seminari. Sebelumnya si boro2 gw tahu kalau terong itu bisa disayur atau ada sayur yang namanya oyong.
Gw pengen cerita gimana pertama kalinya gw berkenalan sama sayur ini. 3 Tahun tinggal di seminari uda cukup buat tahu kalau suster yang masak di sana cuma bisanya masak menu yang itu2 aja dan dirandom secara acak setiap minggunya. Paling engga 2 minggu sekali pasti keluar sayur terong atau sayur oyong. Dan dua duanya bisa dibilang sayur favorit gw soalnya lumayan enak sedangkan sayur yang lain bener2 parah dari penampilan dan rasa. Maklum lah gak mungkin dikasi makanan mewah, keterbatasan dana seminari dan yang paling penting belajar untuk hidup sederhana. Udah untung bisa makan tiap hari.

Suatu malam....
seperti biasa menu makan malam ada nasi, tahu atau tempe dan sayur. Seperti halnya sayur, tahu dan tempe gak pernah muncul bersamaan, tiap malam selalu digilir. Kalau gak tahu ya tempe. Dengan menu sederhana, jumlahnya pas dan harus dibagi buat orang di 1 meja makan pantes berat gw mentok di 58 kg waktu itu. Itu juga awal masuk, 2 bulan berikutnya gak pernah lebih dari 55. Sekarang turun naik di 62-63 kg. jauh ya bedanya. Jadi wajar donk kalau cabut malam2 buat nyari nasi goreng.
Kebetulan malam itu giliran sayur terong. Gw heran kenapa sayur enak gini gak banyak yang doyan.
Yang lain cuma ngambil sepotong dua potong, gw bisa ngambil 4 potong karena banyak sisa. Waktu itu ada 1 temen meja (TM) gw yang nanya :

TM : lo doyan ya terong ?
Gw : (sambil ngunyah) iya, kenapa?
TM : gak terlalu.
Gw : (masih ngunyah) terong itu enak kali.
TM : lo tau gak kenapa pastur juga calon pastor dikasi makan terong?
Gw : (terus ngunyah) engga, emang kenapa?
TM : terong itu kan bisa bikin impotent.
Gw : (berhenti ngunyah sambil bengong) yang bener lo?
TM : serius, makanya kita itu sering dikasi makan terong.

Gw melirik ke piring, masih banyak sisa terong. Gak mungkin dibuang. Gak enak makanan dibuang2, lagian pasti ditegur sama yang lain. Orang lain kelaparan masa gw buang makanan.
Gw berharap dia cuma bercanda, tapi gw terpengaruh. Ya uda cuma buat saat itu aja gw rela ngabisin sisa terong di piring dan lain kali gw cuma ambil 1 potong ato gak makan sama sekali.


Malam yang lain....
giliran sayur oyong sekarang. Lumayan enak juga sayurnya. Kalo orang lain ngambil sedikit, gw
ngambil sisa lebihnya kalo masih belom kenyang. Iseng iseng gw tanya temen meja yang lain. Saat itu kelompok meja makan uda diacak lagi. Oknum yang mempengaruhi tentang terong uda di kelompok meja makan lain.

Gw : emang bener ya, kalo terong itu bikin impotent ?
TM : engga juga si.
Gw : engga juga gimana ?
TM : sebenernya terong cuma bikin nafsu seksual hilang aja, justru yang bikin impotent itu sayur oyong.
Gw :(melirik piring) %$%&%!&$&!$§$%§$%


Itulah mitos sayur terong dan sayur oyong. Sampe sekarang gw ga tau mana yang bener. Lagian mitos itu gak terbukti, gw aja masih 'top fit' sekarang.
Gw sekarang udah gak pernah lagi makan sayur itu lagi. Gak tau gimana masaknya dan mending gw makan yang lain dah.

No comments: