Sunday, May 4, 2008

Amazing Indonesia

Berbicara tentang indonesia dari sisi pariwisata dan tourism menurut gw cukup menarik. Biarpun kita bicara tentang pariwisata indonesia rasanya begitu banyak hal yang sebenernya buat kita sendiri asing. Apa selama di indonesia kita pernah mikirin tempat2 menarik di luar daerah sendiri? Gw rasa engga. Sebagai orang yang tinggal dan besar di daerah jawa barat, gw paling cuma tau sekitar jawa barat doank dan itu juga gak semua. Selama ini paling jalan2 cuma sekitar daerah puncak, bandung, bogor dll.
Mata seakan tertutup jika kita melihat dari dalam negri indonesia. Kadang melihat indonesia dari luar negri membuat pandangan kita lebih luas. Banyak hal2 baru tentang kultur, pariwisata indonesia yang gw baru tau di sini dan gw baru sadar ternyata indonesia itu kaya. Gak ada negara lain yang nyamain indonesia dari segi pariwisata dan budaya. Indonesia itu lebih dari cuma sekedar bali.
Banyak tempat2 lain yang juga layak dilihat dan dikunjungi tapi kebanyakan turis2 lokal kita gak tau. Dinas pariwisata daerah kurang promosi nih.
Bayangin aja kita punya semua jenis bentuk dan tipe tempat yang bisa dijadikan tempat pariwisata. Dari yang alamiah seperti pantai, gunung, gua, lembah, hutan lindung; seni budaya dengan bangunan bersejarah seperti kuil, candi, masjid, kota budaya dengan banyaknya kerajinan tangan sampai bentuk pariwisata modern seperti wisata kuliner, jalan2 shopping atau night life. Gak tahu butuh berapa lama semuanya bisa habis dijelajahin. kadang2 gw mikir, gak perlu kita jauh2 ke luar negri. Berkunjung ke daerah lain seperti sulawesi dan papua juga menarik. Sampe gw mimpi bisa jalan2 keliling indonesia.

Kebetulan gw baru kontak lagi sama temen papua gw setelah lebih dari 5 tahun ga kontak. Tiba2 aja kepikir pariwisata indonesia. Jika gw dateng ke papua, pasti datang sebagai turis buta. Gak tau apa2 tentang papua dan gak pernah ada buku panduan turisnya. Cuma orang lokal aja yang bisa ngasih petunjuk kira2 mana aja yang bisa dikunjungi.
Sayangnya ya itu tadi, pariwisata kita kurang promosi. Kalah dibanding malaysia atau thailand.
Padahal yang kita punya lebih dari mereka. Berapa banyak turis2 jerman yang bolak balik ke thailand buat nikmatin pantainya. Indonesia negara kepulauan, punya lebih banyak pantai dibanding thailand tapi orang ngertinya cuma bali. Kita punya banyak pantai yang belum tersentuh oleh turis2 lokal, interlokal. Tapi gak pernah ada promosinya, sayang.

Gw student miskin, masih belum mampu jalan2 keliling indonesia. Mungkin kalau ada kesempatan dan rejeki mudah2an suatu hari bisa kesampaian.
Coba aja kalau promosi pariwisata indonesia gede2an, mungkin negara bisa hidup dari devisa pariwisata, seperti arab yang kaya gara2 minyak sama jemaah hajinya. :P

1 comment:

Anonymous said...

haha kok bisa ya sama...gw udah 4 hari ini bikin situs dengan tema amazing indonesia, tentang travel, places dan beberapa tips.
bagus artikelnya bro