Wednesday, April 30, 2008

Maret-April 2004

Yang namanya baru datang, rasanya kurang seru kalau gak dapet masalah. Gw juga sebenernya ga pengen ada masalah tapi kena juga.
Masalah pertama gw di sini itu kartu bank. Waktu buka account baru si gak masalah, giliran waktu kartu banknya datang bingung, kok beda, bukan junge konto.
Temen yang lain bener kartunya, cuman gw doank yang kayaknya salah. Gw pengen benerin, soalnya junge konto katanya bebas biaya admin bank, biaya transfer selain bebas bunga juga (sial). Gw gak mau kalo tiba2 tiap bulan kena biaya atau kena potongan setiap transfer duit.
Minta tolong ibu lagi buat minta kartu baru. Kalau urusannya langsung diklarifikasi ke bank bakal cepet, tapi namanya orang mungkin sibuk jadinya malah gak keurus. Akhirnya disuruh lebih baik ngurus sendiri dan gw pikir ya udah mending gw jalan sendiri. Datengin bank minta ketemu sama pak advisor nasabahnya.
Bukan orang jerman asli tapi onta eh orang darah turki maksudnya. Sebenernya urusannya gak terlalu rumit, tapi yang namanya baru dateng boro2 bisa ngomong jerman. PD aja ngurus sendiri, gak ditemenin sapa2. Jadilah ini urusan pertama yg harus diurus sendiri dalam bahasa jerman. Mulai gugup, anjrit gw mo ngomong apaan ni ke dia. Mulai menyusun kata2, pikirin kalimat sederhana yang gampang dimengerti. Ingat, oral test gw di goethe lulus di pinggir jurang, gw gak bakal bisa ngecap. Tapi bisa nyambung juga, dia uda ngerti problem gw karena uda sempet dibilangin dan juga lagi diurusin. Butuh waktu beberapa hari lagi supaya kelar. Untung lah kalau terpaksa banget bisa juga keluar bahasa jerman biar belepotan dan yang penting nyambung.

Jika tujuan awal orang datang ke jerman buat kuliah, maka sudah sewajarnya berusaha buat bagusin jerman dan nyari studienkolleg buat yang s1. Tapi yang namanya rejeki orang beda2, ada yang cepet bisa dapetin studkol ada yang butuh waktu lama. Roomate gw termasuk orang yang beruntung, baru dateng langsung ikut Aufnahmeprüfung dan lulus. Artinya dia harus pindah karena bukan dapet di berlin dan gw tinggal sendirian di double appartment. Gw pengen ganti ke single room biar gak keluar banyak biaya. Mau nyari penggantinya masih belum kenal banyak orang, ya akhirnya pindah aja deh, tukar kamar. Artinya ngurus lagi deh ke kantornya. Tadinya pengen minta bantuan ibu lagi, akhirnya gw bilang " ya udah deh bu, saya urus sendiri aja. Belajar mandiri jadinya ibu gak perlu ngurusin saya lagi." lagian lebih cepet ngurus sendiri, gak perlu tergantung sama orang dan bisa ngurus kapan aja. Juga gak punya kesibukan lain selain kursus. PD lagi, datengin kantornya sendirian minta kamar baru.
Nah ini lebih rumit lagi dari sekedar ngurus kartu bank. Lebih banyak hal lagi yang perlu dijelasin dan ditanyain buat proses pindahannya, dari mereka juga pasti bakal banyak jelasin proses pindahannya. Gw pengen dapet kamar di gedung yang sama biar gak repot pindahan sama sewa di gedung yang itu lebih murah dibanding kamar di gedung yang lain. Artinya butuh skill bicara dan Hörverstehen ( pemahaman mendengar ) lebih tinggi lagi.
Sambil nunggu, nyusun kalimat lagi. Belum siap uda giliran gw, walah. Untungnya lagi, gw bisa ngomong niat gw buat minta kamar baru dan orangnya ngerti. Sekarang giliran dia yang jelasin semuanya, bla bla bla. Weleh ini orang ngomong apaan lagi, gw bisa ngikutin sedikit tapi banyak hal yg gw kagak ngerti. Di appartment banyak orang asingnya jadi pegawainya maklum dan mau jelasin ulang yang gw kagak ngerti. Tetep aja ga gitu ngerti, gw jawab aja ok. Masa minta jelasin ulang lagi ntar orangnya ngambek dan BT lagi. Ntar malah gak dikasi kamar. Orang2 sih bilang pegawai situ rese, moodnya lagi enak kali dia, jadi lumayan koperatif.
Disuruh ketemu sama hausmeisternya ( kepala appartment ) buat langkah berikutnya, ngecek keadaan kamar lama, masih beres atau ada yang rusak ; hitung2an pemakaian listrik ; nentuin kapan serah terima kunci kamar lama sama baru dsb. Akhirnya tukeran kamar sama orang india.

Fun juga bisa ngurus semuanya sendiri, gak perlu tergantung sama orang dan jadi tahu macam2. Belajar lebih mandiri lagi. Sekalian ngelatih bahasa juga dan sadar sebego apa si gw sebenernya. Hahahaha. Motivasi buat kursus lebih rajin lagi.

No comments: