Friday, May 16, 2008

Agustus 04-Juni 05 Studienkolleg

Kenapa kuliah di jerman lama ? Yah salah satunya gara2 Studienkolleg ini. Buat pelajar yang pengen ngambil Bachelor atau Diplom wajib ikut Studkol ini. Alasannya karena kelulusan sekolah indonesia dianggap masih di bawah sekolah jerman. Sistem pendidikan jerman mengharuskan anak2nya sekolah 13 tahun sebelum bisa masuk universitas, sedangkan kita cuma 12 tahun. Makanya Studkol ini diadakan untuk menyetarakan lamanya pendidikan, ujian akhirnya dianggap sebagai pengganti ijazah Abitur sekolah jerman dan sekalian untuk kelas persiapan sebelum masuk universitas untuk pelajar asing. Sebelnya lagi kalo yang mau masuk FH (Fachhochschule/sekolah tinggi) harus tetap ikut Studkol, padahal buat orang jerman yang ingin masuk FH cukup sekolah 12 tahun. Sama kayak di indonesia. Mau gak mau harus tetep relain minimal 1 tahun buat studkol.

Setelah banyak melamar ke Studkol2 yang ada di seluruh jerman, gw dapet banyak juga undangan untuk ikut Aufnahmeprüfung yang adalah ujian masuk Studkol. Ujian2nya antara bulan juni sampe agustus. Gw cuma ikut 2 ujian doank, di Giessen sama di Berlin. Yang pertama di Giessen lulus dan gak lama ikut di Berlin juga lulus. Gw seneng banget. Gw memang gak mau lama2 les bahasa terus. 1 tahun persiapan bahasa di jakarta dan di berlin itu lama. Gw gak mau buang2 waktu lebih lama lagi. Gw uda ngebuang 1 tahun di seminari dan 1 tahun lagi buat les bahasa terus minimal 1 tahun lagi buat studkol, total 3 tahun. Untung gw masi setingkat sama adik gw, dari beda 3 tahun sekolah jadi sama biar teorinya dia bakal mungkin lulus duluan dari gw. Mengingat itu motivasi jadi kuat saat itu dan dengan persiapan yang bener2, gw gak perlu merasakan sakitnya gak lulus Aufnahmeprüfung.
Sebenernya masih banyak undangan ikut Aufnahmeprüfung, tapi gw gak ikutin lagi. Tadinya gw malah mikir pengen pindah ke Giessen, tapi itu gak mungkin karena satu dan lain hal. Gw harus tetap menjadi Berliner.

Selama Studkol gw juga gak pernah merasakan kesulitan yang bener2 bikin desperate. Semua lancar dan gak perlu khawatir sama nilai. Terima kasih kepada temen2 Studkol saat itu. Keseriusan kalian dan kerajinan kalian jugalah yang juga menjadi faktor keberhasilan kita semua. Studkol diselesaikan dengan waktu 1 tahun. Gak bisa loncat kelas atau nembak Feststellungsprüfung ( ujian akhir Studkol yang setara ujian akhir sekolah jerman). Gak mampu deh.
Jalanin Studkol secara normal juga fun aja kok. Dapet temen2 lagi dari negara lain, ngerasain kelas dengan guru jerman dan teman sekelas yang bukan orang indo, dapet pelajaran sekolah lagi seperti SMU tapi pake bahasa jerman.

Studkol ini juga yang bikin kuliah di jerman beda sama negara lain. Di negara lain orang bisa kuliah dengan ijasah sekolah indo, di sini engga. Di jerman panjang prosedurnya, jadi lebih banyak makan waktu. Jangan terpengaruh sama cerita gw di sini. Gw bersyukur gw termasuk yang bisa cepet dapet Studkol dan lulus dalam 2 semester. Contohnya banyak orang yang butuh waktu sampe 1,5 tahun sebelum bisa lulus Aufnahmeprüfung pertamanya atau kesulitan di Studkol sampe harus tinggal semester. Banyak faktor pengaruhnya, misalnya pergaulan apa temen2 seperjuangan lo serius, nyantai. Mungkin juga gara2 banyak kerja kalo uda dapet ijinnya. Di samping itu semua balik juga ke diri masing2. Apakah semangat, target untuk mencapai sesuatu itu ada ? Atau bisa juga masalah adaptasi dengan negara asing dan lingkungan asing. Bisa juga karena tidak mampunya orang mengurus dirinya sendiri di negara lain atau kekurang dewasaan sehingga membuat seolah olah segala sesuatunya tidak bisa berjalan seperti seharusnya. Kalau yang gak punya siapa2 di sini, siap2 aja jadi lebih tegar.

Semakin lama di jerman, gw makin merasa ini yang jadi nilai lebih sekolah di sini. Gak cuma pusing karena urusan sekolah saja tapi juga yang lain2 seperti ngurus keperluan rumah, kebutuhan makan atau ngatur ritme hidup supaya seimbang antara kuliah, kerja, main, ngurus hidup, pacaran dll. Tentu saja jarak yang jauh dengan indo sehingga kontak dengan kultur,
kebiasaan, mental di indonesia lebih sedikit dibanding dengan yang di singapur atau australia. Kadang bakal terasa di sini orang harus bisa berjuang sendirian. Yah kalau di berlin si engga, kan uda gw bilang di berlin suasana jermannya kurang terasa saking banyaknya orang indo. Kalau kebetulan dapat di kota kecil yang isinya jerman semua, ceritanya bakal beda.

No comments: