Thursday, December 18, 2008

Tengah Semester 7

Tak terasa uda mau natal dan tahun baruan aja. Waktu cepet bener. Semester 7 ini aja juga
uda masuk ke tengah semester.
Kata orang abis mata pelajaran dasar abis dan masuk ke Hauptstudium pelajarannya lebih menarik. Itu emang bener sih. Jadi lebih banyak bahas soal makanan meskipun tetap ada tentang fisika. Hmmm ngomong ngomong soal fisika, ternyata bayangan gw tentang sebuah makanan harus diperluas lagi. Tadinya sih gw pikir cuma produksi, pengolahan, pengemasan, kontrol kualitas. Ternyata untuk sampai di proses itu ada aspek kimia, fisika dan biologi yang bakal mempengaruhi tiap jenis makanan.

Di semester ini gw ada labor mikrobiologi pangan. Intinya sih belajar mikroorganisme apa yang kira2 bisa mengkontaminasi tiap bahan makanan dan ngintipin hasilnya di mikroskop. Jika belajar di mikrobiologi pangan bicara tentang kontaminasinya maka di pelajaran bioteknologi pangan biacara tentang kegunaannya dalam produksi.

Terus di labor yang lain labor proses dan kualitas kontrol yang diuji sifat kimia dan fisikanya.
Contohnya kayak nilai pH yang bisa mengawetkan, kadar air, campuran air dan lemak, bagaimana sifat makanan berubah karena pengaruh temperatur dll.
Di bagian sini kadang2 rahasia suatu produk makanan tersimpan. Ini yang jadi bikin gw kagum dengan kompleksitas sebuah makanan.
Kadang buat produksi dibutuhkan mesin, di sini juga ada crossover sama teknik mesin. Biar cuma sedikit tapi harus ada pelajarannya. Makanya dapet juga pelajaran sifat mekanik proses ( gak tau tau terjemahan bagusnya apa ). Karena pikirannya kalau misalnya mau transport makanan cair di pipa bakal berlaku juga hukum fisika tentang fluid. Kadang harus dipelajarin juga gimana mesin harus mampu contohnya sortir bahan makanan berdasar besar dll atau membuang kotoran. Dan pengolahan dengan panas, tekanan udara dll mengharuskan hukum termodinamik terpakai juga.

Ada juga pelajaran elektro, masih gak tau lah dimana gunanya. Yang begini2 ini yang bikin gw sekarang masih pusing, masih males buat rajin belajarnya.
Di jurusan gw emang gak kenal istilah mid test, jadinya bisa santai aja. Hari ini kebetulan kelas elektro kelas terakhir untuk tahun ini, labor hari jumat uda berenti dulu dan baru lanjut tahun depan. Jadi teorinya gw uda mulai liburan sekarang.

No comments: