Monday, December 22, 2008

1 Tahun denk-woanders; Tema Marriage

Blog gw uda 1 tahun aja umurnya dan total posting mencapai 59 biji. Kerajinan amat, tiap minggu 1 posting. Biar rajin nulis sepertinya super duper sedikit banget pembacanya, tapi biarin aja lah. Gw masih bakal nerusin nulis karena emang tujuan awalnya buat dokumentasiin perjalanan kuliah.

Tema perayaan 1 tahun ini gak perlu dipikir lama2. Tepat kemarin ini gw baru aja pulang dari aachen buat kondangannya bekas temen rumah lama gw. Jadi temanya soal nikah lanjutin posting terdahulu. Temen gw ini umurnya cuma beda 1 tahun aja dari gw, sama2 student yang belum kelar kuliahnya dan gak mungkin lulus tahun 2009. Karena dulu pernah tinggal serumah, jadinya tau juga sedikit banyak proses dari awal pacaran sampai akhirnya berani buat nikah. Dibilang mantap bener gw juga gak bisa bilang. Pacarannya gak terlalu lama dan karena keluarga temen gw di indo dan keluarga cewenya di jerman, maka 2 keluarga ini gak pernah ketemu langsung. MBA juga engga. Lantas datang dari mana keberanian temen gw ini ?
Tadinya bonyok temen gw ini bakal datang sebelum nikah tapi karena masalah visa akhirnya tertunda dan waktu wedding keluarga temen gw yang datang cuma 1 sepupunya aja, sisanya temen2 dari berlin dan itu juga gak banyak. Akad nikah ( karena dia islam) tanpa didampingi keluarga, gimana rasanya ya ?

Wedding dia banyak kasih inspirasi ke orang2 lain. Walau keadaannya begini akhirnya tetep jadi juga. Terharu juga jadinya. Walau acaranya berdasar islam tapi siraman rohaninya bisa gw terima karena yah emang gak salah. Semua cuma butuh keberanian. Gw juga masih gak bisa bayangin, masih student dan belum ada penghasilan tetap, gimana kasih makan istri. Tapi di situ juga keuntungannya. Nikah sebelum ada keuangan yang mantap, sedikit kemungkinan cewenya mau karena harta. Temen lain yang sering ngeledekin gw karena masih belum ada cewe bilangnya kalau kerjaan uda mantap cewe juga pasti datang. Gw cuma jawab balik percuma kalau cinta karena uda punya karir, modal, mobil, rumah dll. Bagaimana kalau cowonya tiba2 kesusahan, tanda tanya besar itu. Sangat dimengerti kalau cewe pengen punya cowo yang bisa menjamin hidupnya, tapi cowo juga pengen punya cewe yang bisa juga menemani di saat2 sulitnya. Sering terdengar pertanyaan, bisa gak cewe kita diajak hidup susah.

Temen yang lain lagi dengan sembrono bilang nyiapin mental itu mah gak susah. Pada awalnya gw gak bisa langsung terima, tapi akhirnya gw bisa juga ngerti kenapa bisa ada kesimpulan itu. Kalau memang sudah pengen, secara usia juga uda pantas emang harusnya gak susah. Kalau orang normal si, begitu uda kawin harusnya mulai belajar dengan sendirinya untuk menjalani
kewajiban dan tanggung jawabnya. Kalau memang bener2 sayang sama pasangannya harusnya orang juga bakal belajar dengan sendirinya untuk berusaha lebih dewasa.

Buat temen gw itu, selamat menempuh hidup baru. Walau masih ada banyak hal yang belum beres, keputusan buat nikah ini gak salah. Kalau memang dia sendiri yang bilang sudah waktunya, jangan ditunda lagi. Buat gw sendiri persiapan untuk ke arah itu masih lama, masih ada PR yang belum berhasil dikerjain.

No comments: