Friday, September 26, 2008

Semester 1

Buat review ulang semester 1. Winter semester okt 05-maret 06.

Pertama2 mo ngucapin selamat dulu, akhirnya gw bisa lanjut ke step berikutnya, kuliah, i mean bener2 kuliah, bukan kursus bahasa lagi atau studienkolleg, 'coz biar di studkol statusnya mahasiswa, orang di indo gak bakal ngerti. Akhirnya resmi juga jadi mahasiswa di Technische Universität Berlin atau TU Berlin jurusan technologi pangan. Gak jadi masuk TFH karena ditolak begitu saja.
Awal2 masuk kuliah pasti semangat donk ya.

Rasanya semester 1 di kampus manapun sama aja deh. Orang bakal ngalamin yang namanya first semester syndrom. Butuh adaptasi buat perubahan dari sistem sekolah ke sistem kuliah dan buat gw lumayan bikin pusing.
Kalo orang biasanya nyari2 pelajar lain yang uda kenal dari sekolah, lingkungan rumah dll. Sedangkan gw kampus isinya bule semua dan dengan sesamanya mereka pasti lebih cepet nyambung daripada sama orang asing. Kembali berlaku rumus awal, orang asing lebih cepet nyambung sama orang asing, gak bisa masuk begitu saja sama orang jermannya apalagi dengan kemampuan bahasa yang pas pasan. Buat nyari info juga pusing, mo nanya ke sapa. Ujung2nya nanya ke orang indo lain yang uda kuliah di kampus yang sama. Kebetulan aja ada orang indo lain yang 1 jurusan sama gw, jadi bisa saling nanya.
Waktu pertama dulu gw pusingnya ngatur jadwal kuliah, kalau butuh pendaftaran musti ke mana larinya, gak ngerti urusan administratif dan organisasi kampus. Harus belajar nyari info sendiri dari website kampus.

Penyakit umum mahasiswa yaitu sering bolos juga gw alamin. Untungnya karena masih semester 1, masih semangat2nya jadinya gak gitu banyak absen. Di sini gak berlaku adanya absensi yang penting ujian lulus, makanya godaan buat bolos sangat besar. Kuliah dirajin rajinin, ada kelas tambahan juga diikutin.
Biar sering masuk kelas tetep aja ga gitu ngerti apa yang diomongin dosen. Sebelum masuk kelas kosong, waktu keluar juga kosong.
Waktu masa ujian juga hoki. Ujian pertama harusnya gak lulus jadi lulus karena nilai minimal kelulusan diturunin. Ujian kedua kagak lewat. Baru lulus di kesempatan kedua waktu akhir liburan semester karena akibat sempet gak lulus jadi ngerti dimana salahnya dan sebelum lupa mending cepet2 ambil ujian susulannya. 2 ujian lain lewat gara2 soal ujian tahun lalu. Sebenernya sih kagak gitu ngerti apa si yang diajarin di kelas, cuma gara2 belajar kerjain soal ujian kemaren aja jadi sangat menolong mencapai batas minimal kelulusan.

Walau begitu semester 1 gw tercatat sebagai keberhasilan terbesar. 4 mata kuliah dan 1 proyek yang gw ambil semuanya lulus, dengan penuh pengorbanan. Liburan semester abis cuma buat belajar. Cape. Karena masih baru aja semangat tinggi, tapi untuk seterusnya suatu saat gw bisa kehabisan tenaga. Membuka mata terhadap realitas bahwa kuliah itu gak gampang, harus berhati2 sekali karena beda gagal dan berhasil itu tipis, harus belajar untuk rajin dan tentu saja jangan mikir muluk2 untuk bisa kelar kuliah cepet apalagi sebagai pelajar asing. Kesulitan dan godaan itu banyak. Kadang harus kembali lagi ke motivasi awal, buat apa ke jerman, cuma
buat kuliah, yang lain cuma tambahan. Kalau kuliah gagal, keberhasilan yang lain juga tidak berarti banyak.
Akhirnya gw cuman bisa bersyukur semester 1 gw dengan kejutan ternyata bisa lancar, gak ada utang pelajaran buat semester depan.

No comments: