Sunday, September 14, 2008

There Where I belong

Pernah ada orang yang tanya ke gw, lo biasanya main sama anak2 mana ?
Maksudnya si nanya biasanya gw gabung sama komunitas yang mana. Bingung juga jawabnya, do i really have any.....

Kadang2 iri juga sama anak2 baru yang datang ke sini lewat biro jasa, datang 1 rombongan berpuluh-puluh orang. Karena itu enaknya mereka punya temen2 seperjuangan yang bisa saling bantu dan kalau lagi kumpul bersama pasti rame.
Gw kan juga datang pakai biro jasa, tapi rombongan gw tidak heterogen seperti mereka. Bisa dibilang rombongan gw sangat homogen, sayangnya dengan gw yg 'lain' sendiri. Waktu awalnya kita masi bareng tapi begitu agak lama yang lain mulai aktiv di masjid indonesia berlin yang bikin gw gak bisa ngikut lebih jauh lagi. Cuma gw yang bukan muslim dari rombongan. Kalau begitu gw juga harus nyari gereja.
Nyari2 di mana ada KMKI komunitas mahasiswa katholik indonesia. Beberapa bulan datang ke gereja KMKI sampai ada major problem, ternyata gw gak bisa juga bener2 gabung sama mereka dan gak dapat teman. Akhirnya paling cuma sama temen 1 studkol aja dan mulai jarang2 datang ke gereja.

Jika sekarang gw lumayan bisa tahu banyak orang di berlin cuma karena 2 hal, yaitu lapangan bola dan eurotape. Yang pertama2 si lapangan bola, dari situ bisa kenal segala orang, dari yang aktif di masjid, anak2 KMKI yang lain, anak2 gereja lain, orang KBRI, yang dari kelompok lain dan yang juga gak aktif di mana2 . Dari situ juga dapat pintu masuk ke PPI dan kerjaan di KBRI.
Banyak sangkaan yang bilang gw muslim, gw kristen, gw bukan cokin dll karena emang gak jelas gw gabung sama siapa.
Itu semua sama sekali engga menunjukan gw orang yang supel atau pandai bergaul. Gw tetep lah orang yang aslinya tertutup dan anti sosial .
Dengan kenyataan bahwa masyarakat indonesia di berlin masih terkotak2 dengan perbedaan SARA, gw cukup senang kalau kadang2 kita yang dari berbagai kalangan bisa berkumpul bersama di kesempatan apapun. Cape dan males buat berusaha masuk ke komunitas tertentu.
Gw bakal ada di tempat di mana gw merasa dihargai dan dibutuhkan.

No comments: