Thursday, August 21, 2008

The Way of Working Student

Gw uda bercerita di posting sebelumnya, gimana awal mulanya gw pengen sekolah di jerman. Kuliah di luar negri. Pikiran pertama gw, mampu gak bokap nyokap buat bayar biayanya. Gak semua orang tua terbuka sama anak soal duit. Gw gak bisa bilang, anak2 harus tahu atau tidak perlu tahu keadaan keuangan orang tuanya sendiri. Rencana sekolah di luar harus disesuaikan dengan keadaan keuangan keluarga. Gw gak merasa bokap kelebihan duit, jadi masalah ini harus dibahas. Bokap bilang mampu, nyokap ragu bakal mampu. Gak ada yang tau pengeluaran di sini totalnya berapa, tergantung kota dan gaya hidup masing2. Kalo ada yang nanya gw sekarang sebulan abis berapa, angka itu cuma berlaku buat gw, buat yang lain beda.
Dari 2 jawaban yang berbeda itu, gw cuma menyimpulkan, mampu tapi tidak untuk seterusnya. Muncul niat kedua, selain kuliah harus bisa bantu bonyok.

Buat orang yang fresh baru datang dari indo, masa2 awal di sini jadi masa2 yang paling sulit. Adaptasi, bahasa, lingkungan dll tapi tidak dalam hal keuangan. Buat

orang yang normal si harusnya sudah mempersiapkan modal duit, lagian syarat visanya juga harus bekuin rekening. Jangan datang dalam keadaan sulit. Lagi2 gw juga gak bisa bilang angka pengeluaran buat orang yang baru datang. Cuma harus diingat, masa2 awal pengeluarannya paling banyak, buat kursus bahasa, buat tiket bus bulanan, buat beli perabotan rumah, belanja makanan juga pasti lebih mahal karena belum tahu mana yang murah mana yang mahal. Ok, bulan2 awal masih banyak pengeluaran tapi itu normal. Jangan bilang lo langsung mikir nyari kerja. Pertama harus ingat apa tujuan orang datang ke sini, buat kuliah. Daripada buat kerja lebih baik kalau lo gunain waktu buat mempersiapkan diri untuk mencari studienkolleg atau tempat kuliah. Rajin2 kursus supaya kemampuan bahasa berkembang dan kesempatan lo untuk dapat tempat kuliah semakin besar. Pada akhirnya yah balik lagi ke soal duit tadi. Pengeluaran lo makin murah kalau uda masuk minimal studienkolleg, gak perlu bayar kursus bahasa lagi dan believe me sebelum lo dapet visa student yang baru bisa di apply setelah dapet minimal studienkolleg, kesempatan kerja legal tertutup. Cuma student yang punya ijin kerja di sini. Kalaupun uda punya ijin kerja sebelum kuliah, tetep aja belum punya immatrikulationsbescheinigung alias tanda bukti terdaftar di salah satu kampus dan tanda bukti ini biasanya juga diminta buat kerja. Kalau masih kursus bahasa kemungkinan besar harus kerja gelap.

Bekerja atau tidak adalah sebuah pilihan.
Kalau lagi saat2 ujian kadang muncul juga pikiran, kalau engga kerja mungkin bakal lebih enak, banyak waktu buat belajar, gak perlu mikirin yang lain, yang penting ujian lulus. Banyak juga pendapat mengenai hal ini. Ada pro dan kontra kuliah sambil bekerja dan akhirnya pilihan itu kembali ke pribadi masing2.
Yang kontra contohnya, selama orang tua masih mampu kenapa harus mati2an kerja. Jauh2 disekolahin ke sini kan untuk kuliah bukan untuk kerja. Orang tua juga gak berharap anaknya kerja terus, buat mereka yang penting kuliah yang bener. Sayang kalau kerja tapi kuliah terbengkalai.
Pikiran semacam ini selalu bener, gak bakal pernah bisa disalahkan. Orang tua manapun pasti bakal berharap anaknya bisa dapet sekolah yang terbaik.

Gw punya pertimbangan lain. Gw pernah bengong sendirian buat mikirin hal ini. Bagaimana jika kuliah tanpa kerja, apa pengaruhnya buat kuliah ?
Pada akhirnya gw berpikir gak bakal ada pengaruh yang signifikant dalam hal lama kuliah. Mungkin bakal mempercepat kuliah tapi gak akan jauh berbeda. Jika 20 jam dalam seminggu biasanya untuk kerja, maka tanpa kerja akan ada extra 20 jam tiap minggu. Gw gak bisa membayangkan kalau tambahan 20 jam itu bisa gw gunain seluruhnya buat tambahan waktu belajar. Mungkin dari 20 jam itu, tambahan waktu belajar cuma sekitar 4-5 jam, sisanya main, jalan atau untuk waktu santai. Emang gw masih payah buat ngatur waktu.

Lalu pemikirannya dibalik, bagaimana jika kuliah dengan kerja, apa pengaruhnya buat gw ?
Pertama bisa bantu orang tua untuk biaya hidup di sini karena gw uda menyimpulkan bonyok mampu tapi tidak untuk seterusnya. Bekerja juga bisa melatih mental dan tanggung jawab. Walaupun bukan kerja yang elite setidaknya dengan kerja kita bisa merasakan mencari uang itu tidak mudah. Kadang juga bisa jadi kepuasan diri juga, uang yang gw pegang sekarang itu hasil keringat sendiri, bukan lagi dari kiriman. Belajar juga untuk bekerja dengan benar dan serius, engga cuma kerja sambil mengeluh, juga untuk menguji kerajinan, ketelitian, inisiatif, kedisiplinan dalam kerja. Gw pikir biar kerja serabutan tapi setidaknya mental bekerja bisa dilatih mengingat gw bakal lulus kuliah umur 27-28 mungkin lebih, dengan umur segitu orang lain mungkin uda punya 4-6 tahun pengalaman kerja. Jangan sampai di umur segitu kita gak ngerti, dalam dunia kerja musti gimana. Kalau ada keuntungan tambahan, gw bisa bilang untuk ngelatih bahasa juga, untuk dapat kenalan juga, sebagai selingan karena gak mungkin donk di sini kerjaan gw cuma belajar aja dan kepuasan pribadi karena bisa mandiri.
Point terakhir yang paling sulit adalah untuk belajar mengatur waktu, supaya jangan sampai kecemplung terlalu dalam. Kerja tapi lupa kuliah. Kecapean kerja sampai gak bisa belajar lagi. Prioritas utama tetap harus kuliah, jika suatu saat gak bisa lagi kuliah sambil kerja, gw janji bakal berenti kerja. Sekarang si masih bisa jalan dua2nya. Gw juga masih belajar buat ngatur waktu kerja dan belajar. Kerja lancar tapi kuliah gagal gak ada artinya juga, kan.

No comments: