Thursday, August 14, 2008

Innsbrucker Platz Land

Waktu itu kayaknya september 2005, gw lupa juga kapan tepatnya, akhirnya gw memutuskan buat pindah rumah untuk kedua kalinya. Pertimbangannya pertama2 karena biaya. Makin lama sewa kamar makin terasa mahal. Dengan ukuran 18 m² termasuk dapur dan kamar mandi, layak kamar gw disebut kandang burung. Kamar kecil tapi sewa besar, mending cari alternativ lain yang lebih murah. Pertimbangan kedua karena bosan aja. Tinggal sendirian di situ lama2 bisa gila juga. Waktu itu gw masih sibuk praktikum + kerja + olah raga dan udah gw bilang di posting sebelumnya, saat itu saat dimana gw lebih banyak make bahasa jerman daripada indo. Sampe rumah praktis gak ada siapa2 lagi yang bisa diajak ngomong. Akhirnya pindah juga, kebetulan waktu itu ada tawaran kamar kosong di WGnya temen main bola. Sebelum pindah gw sempet bikin foto kenang2an.



WG atau wohngemeinschaft atau gampangnya tinggal bareng cukup umum di kalangan pelajar2 di sini. Orang nyewa wohnung atau apartemen dengan beberapa kamar untuk ditinggalin rame2. Karena itu biasanya sewa kamar jadi jauh lebih murah dan gak bakal sepi. Engga ada istilah atasan atau bawahan, yang ngatur atau diatur. Di WG penting untuk buat peraturan bersama supaya tinggal bareng juga nyaman tanpa harus banyak ribut2.
WG baru gw engga kaya gitu pada umumnya. Istilah ngekos lebih cocok karena apartemennya uda ditempatin nenek2 jerman. Karena banyak kamar kosong akhirnya kamarnya disewain buat pelajar yang kebanyakan orang indo. Si nenek dulu punya pacar orang indo jadinya dia prefer nyewain buat pelajar indo. Waktu itu masih ada 3 orang indo termasuk gw sama 1 tunisia sebelum akhirnya 1 temen indo cabut dari situ.
WG ini letaknya di dekat stasiun U-Bahn/S-Bahn Innsbrucker Platz dan termasuk WG yang berbentuk sosialis dan absolut dengan si nenek sebagai kepala negara.

Sebenernya sih normal2 aja karena kos di indo juga pasti ibu bapak kosnya juga bikin aturan. Tapi kadang gw gak ngerti jalan pikirannya si nenek sampe sekarang.
Gw sebut WG sosialis karena contohnya waktu pertama kali gw datang, gw bawa perabotan dari kamar lama gak boleh dipake, gw selalu tidur pake banyak bantal tapi diprotes karena di kamar gw uda ada bantal punya dia, yang paling parah si di kamar gw sendiri gw gak boleh make komputer sendiri dengan alasan dia juga punya 1 komputer yang bisa dipake bareng. Gw sampe speechless waktu dia nyuruh nyimpen komputer gw di gudang. Hampir gw gak jadi pindah sebelum gw protes abis2an. Kita gak boleh beli atau bawa perabotan lain ke rumah, semua perabotan dia yang sediain dari pisau dapur sampai TV di kamar temen gw. Makanya gw bilang ini WG sosialis, orang gak boleh punya barang pribadi, semuanya punya si nenek dan kalau butuh sesuatu minta si nenek. Memang penyewa utama apartemen itu si nenek kalau kita istilahnya cuma numpang dan itu menyebabkan terjadinya perbedaan kasta. Ditambah lagi adatnya orang jerman yang gak pernah bisa ngomong baik2 kalo memangnya dia gak suka sama sesuatu. Namanya juga nenek2, kolot, munculah suatu keabsolutan.
Gw juga gak pernah ngerti kenapa dia juga harus ngurusin dan mempermasalahkan barang apa aja yang boleh ada di kamar masing2. Kotak sepatu, tas bahkan pengharum ruangan aja harus diributin. Cape musti berdebat mulu, jelasin kenapa itu barang harus ada di kamar. Gw uda bayar sewa kamar di sini tapi tetep harus diributin apa yang ada di kamar gw. Di tempat lain gak ada lah yang begini, selama orang tidak berbuat sesuatu yang destruktif, kriminal di kamar sewaannya.
Selama 3 tahun tinggal di sini, gw gak pernah ngerti urusan rumah. Kalau ada masalah gw gak tau musti hubungin sapa. Kayak dulu sempet internet error, gak ada yang bisa benerin karena gak tau username, passwort. Harus manggil tekniker andalannya si nenek karena dia yang masang dan dia yang tau semuanya. Si nenek gak percaya sama anak2. Jadi kita gak pernah punya kuasa buat betulin sendiri atau waktu modemnya sempet rusak buat beli sendiri modem baru sebelum gw akhirnya bisa nyari tahu sendiri.

Tinggal di sini ada enaknya juga. Perabotan ada semua, sewa lebih murah dari kamar lama, ada orang jerman yang bisa ditanyain kalo ada hal yang gak ngerti, lokasi deket kampus sama tempat kerja, bisa hemat deterjen, sabun cuci piring karena bagian dari fasilitas, baju dicuciin. Sampe sekarang gw masih bingung kenapa kita gak boleh nyuci baju sendiri. Tinggal terima jadi aja kalo itu tentang urusan rumah.Kadang kalo lagi bt sama nenek bisa kita kerjain. Miss call ke telponnya dia biar dia bingung, ngumpetin barangnya dia dan baru dibalikin diam2 kalo dia uda
bingung, bikin keributan waktu dia tidur, begitu dia bangun kita semua pura2 tidur. Kasian juga uda nenek2 kita kerjain mulu. Cuman cerewetnya itu yang bikin kita pengen ngerjain dia mulu. Kadang gak enak juga kalau ada temen datang, bisa kena omel juga kalo ada salah. Temen mo nginep juga gak bebas.
Gw uda mikir gak mungkin sampe lulus bakal tinggal di sini. Di summer tahun ini gw uda mulai berpikir untuk nyari kamar baru dan akhirnya hari ini gw dapet kamar baru yang lebih murah lagi, uda tanda tangan kontrak dan tinggal dibayar. Tepat 3 tahun gw tinggal di innsbrucker platz.

Buat gw gak masalah, gw bakal ngurusin semuanya sendiri. Gw tau urusan rumah gw sendiri, bebas ngatur sendiri, gak perlu banyak ribut sama nenek tentang hal2 kecil yang gak perlu diributin. Gw gak perlu diurusin sama orang lain dan gw juga gak mau diurusin. Biar emang enak ga pusing lagi mikirin macam2 tapi akhirnya jadi tergantung sama orang. Gw juga gak mau begitu.

No comments: