Sunday, August 24, 2008

Kuli ahh...

Saatnya mengdokumentasikan perjalanan karir gw.

Sekitar februari 05 akhirnya gw untuk pertama kalinya bisa menikmati hasil keringat sendiri. Gw mengawali cita2 bisa bebas kiriman duit dengan kerja yang unik. Gw gak pernah tau ada orang indo (di berlin) yang pernah kerja kayak gw. Winterdienst emang pekerjaan asing buat orang indo. Apaan tuh winterdienst ? Kerjaan ini cuma ada waktu winter. Bersihin jalan, tangga dari salju supaya orang bisa lewat dan naburin pasir supaya keset, yang dibersihin beberapa blok rumah. Bayangannya kayak sapuin jalan aja, tapi sekarang yang disapu itu salju. Gw berani ambil karena emang cuma itu tawaran kerja yang ada waktu itu dan salju di berlin gak tebal.
Ini kerjaan gokil bener. Gak peduli mau salju tebel atau kagak kerja ini masih termasuk kerja yang berat. Kita diminta datang di tempat yang bakal kita bersihin sekitar jam 5 subuh. Gw musti ambil kereta pertama biar keburu. Masih mending kalo alamatnya gampang, deket2 stasiun, kalau harus nyari2 lagi itu yang repot. Harus bangun jam berapa gw juga bingung, harus keluar pagi2 waktu musim dingin dan langsung nyapuin jalanan. Dari yang kedinginan sampe bisa banjir keringat, harus korbanin sepatu, kaos kaki, sarung tangan. Sampai terasa banjir juga di dalam sepatu dan baunya bukan main lagi. Langsung merasakan bekerja itu memang tidak mudah, butuh ketabahan, kesabaran buat sekedar bertahan sampai kerjaannya selesai dan yang paling penting setelah selesai kerja masih punya keinginan untuk kerja lagi, engga kapok untuk kerja lagi. What a beginning.
Waktu itu masih studkol, cuma bisa kerja waktu liburan dan tergantung saljunya turun atau engga.
Jadi gak sempet kerja banyak.
Gitu deh ceritanya gimana gw dapet duit pertama yang kalau dipikir2 besar juga gajinya. Justru kerjaan pertama gw itu kerja yang duitnya paling besar dan yang paling berat dibanding kerja2 gw berikutnya.

Selanjutnya jadi roomboy di hotel sewaktu liburan sebelum masuk kuliah, barengan sama waktu gw bikin praktikum buat daftar TFH. Jadi cuma weekend doank, hari biasa praktikum. Kerjaan ini termasuk kategori paling parah separah parahnya. Gaji dihitung per kamar, 1 kamar 2,2 €. 1 hari bisa kerja 8-9 jam sampe jatah kamar lo abis. Jatah kamar biasanya disesuaikan dengan kecepatan masing2. Gw waktu itu bisa mencapai rata2 17 kamar per hari. Parah abis karena :

1. 17 kamar sehari gak dapet banyak duit. Kolega gw yang kerja tiap hari juga gak bakal dapet bersih di atas 1000 per bulan. Termasuk kerja upah rendah. Yah tergantung hotelnya deh, gimana sistem gajinya. Soal tip dari penginap tergantung hoki masing2 dan rebutan antara roomboy, hausdame atau minibar. Siapa yang masuk kamar pertama kali bisa dengan tenang ngambil tip. Gw jarang banget dapet tip, paling dari 17 maksimal cuma dapet dari 2 kamar. Kesimpulan yang bisa diambil, kagak hoki atau orang jerman itu pelit.
2. Kerja gaji kecil tapi butuh perfeksionisme tinggi. Kamarnya harus bener2 bersih, air setetes, bercak air, debu setitik, kotor sedikit gak boleh kelewatan. Kadang biar kamarnya uda selesai bisa dipanggil lagi sama Hausdame (pengawasnya) buat bersihin ulang bagian yang masih kotor. Itu sangat buang waktu dan bikin BT.
3. Dengan waktu 8-9 jam dan 17 kamar sehari, kadang2 gw kerja non stop, gak pake break dan kadang2 sambil lari di lorong kamar. Kebayang kan kalau sampe dipanggil buat bersihin ulang 1 kamar berapa lama waktu yang kebuang, itu juga kalau cuma suruh ulang 1 kamar, kalo lebih menangislah.
4. Satu2nya kerjaan yang bisa kena potong gaji di tempat. Kalau ada kesalahan yang serius bisa kena potong contohnya 5 kamar. Artinya jatah 5 kamar gak digaji.

Gila, uda gaji kecil masih bisa kena potong gaji juga. 5 kamar = 2,5 jam kerja gratis. Kalau emang salah, pake peringatan donk atau pecat sekalian. Pernah gw kena begituan. Pas di hari terakhir lagi. Bukan karena sengaja, uda empet bener sampai gak bisa konsen lagi.Awalnya masih semangat, tapi begitu dipikir2 lagi, parah banget. Gimana mau bisa jaga motivasi kalau begini caranya. Kerja sama gaji gak sesuai, di sini jerman bukan indo, kerjaan sambilan yang lebih baik masih banyak. Akhirnya gw cabut begitu mulai awal semester kuliah dan gw bersumpah gak bakal mau jadi roomboy lagi.

Setelah itu sempet jadi pembagi iklan ke rumah2, lumayan enak. Gajinya emang ga besar tapi paling cuma cape jalannya doank dan waktu gak terasa. Enaknya iklan yang dibagiin gak harus habis. Sistemnya waktu itu menurut daerah pembagian iklan, kalo misalnya harus bagi ke 10 jalan, ya uda dibagiin di jalan itu. Iklan yang dikasih belum tentu bisa habis tergantung berapa banyak kotak pos rumah yang ada di jalan itu.

Sempet juga jadi pencuci piring. Sempet dipecat dari situ, gara2 emang bosnya orang gila, gw kesulitan adaptasi sama kolega di situ (nenek2 cerewet semua,sangat sulit adaptasi) dan gak bisa nentuin hari kerja yang pas, diubah ubah terus, gimana donk sama jadwal kuliah. Akhirnya banyak ijin karena bentrok jadwal praktikum atau ujian. Dipecat juga akhirnya.

Waktu piala dunia 2006 sempet jadi steward perempat final jerman lawan argentina dan jaga malam stadion. Tapi cuma selama piala dunia aja, abis itu gak pernah dipanggil lagi.

Jadi rutinier kerja di KBRI buat bantu2 kalau mereka ada acara. Banyak orang bilang si kerjanya enak, gaji gede, gak dipotong apa2 lagi. Gw bilang si gak selalu, kerja di KBRI gak sesimple yang dikira orang. Bikin pusing juga kalo lagi sibuk. Kerja sama orang indo bukan berarti malah nyantai. Mungkin sama orang lain malah lebih enak, sama orang indo mah kadang bener2 dianggap kayak babu aja. Apalagi di depan orang2 kedutaan kadang2 nganggap student yang lagi kerja bisa disuruh2 seenaknya. Kalau terus diambil hati malah bikin kesel, mending enjoy aja mengingat gajinya.

Sempet lari ke hamburg, nguli di pabrik sebulan. Lumayan sempet keluar berlin ngerasain kota lain, suasana baru. Tinggal di berlin mulu bosen banget. Baru kali itu ngerasain kerja penuh tiap hari. Selama itu tiap hari cuma bangun, sarapan, cabut kerja, pulang langsung masak, makan, mandi dan tidur lagi. Sabtu minggu cuma buat tepar dan ngerjain hal lain yang gak sempet dikerjain waktu hari kerja.

Dan sampe sekarang aktif kuli ahhh.. di satu pabrik di berlin.

Kerja sambil kuliah gak pernah gampang, kadang2 kepikiran gw pengen konsen belajar begitu masa2 ujian datang. Tapi begitu kebetulan lagi nganggur, banyak waktu kosong ternyata ga bisa juga selalu belajar. Gw butuh kerja juga buat selingan. Tantangan terbesar masalah bagi waktu. Lagian ada baiknya juga kalau sambil kerja juga. Cari pengalaman dan membentuk mental kerja selain nyari duit juga.
Jika kuli ahhh.. jalan, maka kuliah juga harus jalan. Mengingat kuliah di sini gak gampang, apalagi di universität maka kalau mau kuliah lancar waktu belajarnya harus diperhatikan. Caranya dengan kurangi bekerja atau membagi dan memanfaatkan waktu. Tentu saja option kedua lebih menarik. Gw gak bakal ambil pilihan pertama kalo gak terpaksa dan selama gw masih belum bisa manfaatin waktu yang ada. Gw harap pelan2 gw bisa belajar bagi dan manfaatin waktu yang ada.

No comments: