Thursday, June 26, 2008

Fanmeile

Apa si fanmeile itu ?
Males gw nyari terjemahan resminya. Kalau bahasa indonesia yang gampangnya, nonton bola bareng pakai layar besar. Semacam layar tancap gitu donk ? Ya mirip2 lah.

Fanmeile lahir pertama kalinya waktu piala dunia 2006 di jerman. Saking begitu banyaknya para pendukung jerman yang gak kebagian tiket di stadion, maka dibuatlah satu tempat untuk mengumpulkan mereka untuk menonton, merayakan bersama timnas mereka tanding. Lahirlah fanmeile ini di beberapa kota besar. Kebetulan yang terbesar ada di berlin, memanjang dari Siegesäule sampai Brandenburger Tor dengan panjang ampir 2 km dan 9 layar lebar.
Konsep Fanmeile ini tetap dipertahankan untuk piala eropa 2008, tapi cuma untuk semi final + final dan tidak sebesar dulu lagi.

Gw 3 kali nonton di situ sepanjang piala dunia, selalu ngarep jerman kalah. Yang paling parah waktu jerman lawan italia di semi final. Datang dengan PDnya pake baju italia. Gak mungkin donk gw ngarep italia kalah. Di tengah lautan orang pake baju putih, kayaknya cuma beberapa yang pake baju birunya italia. Asiknya nonton rame2 di sini suasananya yang ramai, aman dan tertib. Paling cuma desak desakan aja waktu masuk dan waktu lewat jalan yang sempit. Pokonya gak sampe ada yang mati keinjek injek. Tapi tetep aja ketika italia yang menang dan yang teriak2 sendiri itu cuman gw, serem juga jadinya. Langsung buru2 pulang aja, orang jerman kalau uda mabok males ngeladeninnya.

Semi final piala eropa kemaren, fanmeile ada lagi. Untuk pertama kalinya gw datang ke sana bela jerman, gak mungkin kan gw belain turki. Kalo di berlin jerman lawan turki uda kaya derby aja. Setengah penduduk berlin itu turki. Asiknya juga teriak2 sama fan jerman, untungnya banyak gol, jadinya selalu rame.

Lama2 fanmeile ini bakal jadi tradisi tetap di berlin. Gw rasa berpuluh puluh tahun ke depan, rasa bangga mereka ke timnasnya gak bakal pernah pudar dan fanmeile bakal menjadi simbolnya. Rasa nasionalisme mereka juga bakal terus terjaga dengan event seperti ini.

Coba indonesia, dulu si ketika badminton indonesia masih hebat, nyokap gw bisa rame sendiri di depan TV. Gw yakin juga berpuluh puluh juta orang indonesia juga merasakan hal yang sama. Tapi sekarang gimana ? Gw gak bakal pernah liat nyokap gw begitu lagi. Kebanggaan ini gak pernah dijaga si dengan pelatnas yang bermutu atau propaganda lewat TV. Jadinya paling di tahun tahun ke depan orang indo yang excited nonton badminton indonesia makin berkurang.

1 comment:

Dino said...

Aku gak tau namanya.. tapi aku pernah nonton bareng di luar seperti fanmeile gitu di jerman juga (kalo gak salah aku nontonnya di Frankfurt, agak lupa karena waktu itu muter-muter eropa). Waktu itu bolanya antara jerman lawan brazil, final Piala Dunia 2002. Sayang jerman kalah, jadinya gak ada selebrasi yang extravangant. Tapi emang seru banget.