Sunday, June 15, 2008

A Tribute to Nusantara

Nusantara adalah suatu konsep geografi tentang negara indonesia yang terbentang dari sabang sampai merauke.

Heheheh masa si?

Definisi baru nusantara : Adalah suatu tim bola yang aktif di liga PPI berlin yang isinya pelajar2
berlin yang menyukai sepak bola, yang selalu enjoy dalam bermain, kompak di luar dan dalam lapangan.

Ok dari awal ceritanya.
Gw uda bilang tahun pertama gw di berlin gw ditarik tim kinematik buat liga karena promosi senior di seminari. Waktu itu gw belum tau tentang nusantara. Baru tau setelah kalah telak di pertandingan dan berencana buat balas dendam kapan2.

Biasanya hari sabtu anak2 pada teratur main bola. Di berlin selalu cukup orang buat main antar orang indo sendiri. Jadinya kita jarang main sama bule2. Tahun depannya (2005) sebelum liga dimulai, gw diajakin gabung nusantara. Loh, kan masih ada dendam yang belom terbalas, tapi akhirnya gw gabung juga deh. Kayaknya emang nusantara lebih potensial dan kayaknya lebih asik main bola sama nusantara. Ternyata gw gak salah dan mereka juga gak salah ngajak gw. :P
Kenapa ? Katanya sebelum sebelumnya nusantara cuma tim hura hura. Gak pernah masuk 3 besar dan sering kalah. Tapi begitu gw masuk langsung juara, bawa hoki ternyata :P
Gak ngerti kenapa gak dari dulu2 menangnya, padahal secara individu dan tim gak layak nusantara jadi bulan bulanan tim lain.

Gw masuk nusantara di saat gw lagi stress, butuh banget hiburan, butuh temen2 baru, butuh
motivasi,semangat baru. Di sini uniknya nusantara, kita bukan cuma 1 tim sepak bola. Kita adalah teman di luar lapangan. Nusantara adalah tim yang terbentuk bukan oleh persamaan suku, ras, agama. Makanya bedanya dengan tim lain, nusantara lebih majemuk. Gw senang banget karena kita sering ngumpul2 bareng buat grillen, ketemuan doank atau ngomongin taktik buat pertandingan. Dari situ juga orang tertarik buat main dengan nusantara atau menjadi pendukung nusantara. Salah satunya ya gw.

Jadi 2005, nusantara sebenernya bukanlah yang paling hebat. Sempat kalah di pertandingan pertama 4-2 lawan KMKI, tapi bisa berjuang sampai akhirnya masuk final dan juara. Kita cuma menang semangat dan terus berjuang sampai akhir. Itu yang buat nusantara kuat. Gw yang di dalam lapangan merasakan suatu gelora yang luar biasa . Gw bisa merasakan rasa gugup ketika pertandingan baru mulai, emosi ketika pertandingan mulai panas dan lawan bisa menguasai pertandingan, rasa frustasi ketika lawan unggul dan kita masih belum bisa bermain benar, rasa percaya diri ketika ternyata kita bisa balas 1 gol, rasa optimis ketika lawan gak bisa golin lagi dan serangannya selalu kandas. Semuanya menjadi sempurna ketika kedudukan berhasil dibalik. Frustasi dan euforia dalam 1 pertandingan, sangat luar biasa. Tahun itu nusantara berhasil masuk final karena menang selisih gol. Cerita di final lebih dramatis lagi, lawannya sudah bermain 10 orang dari awal pertandingan tapi bisa unggul duluan. Gak bisa menyamakan kedudukan, frustasi dan mulai emosi. Akhirnya sampai kedua kesebelasan jadi kesepuluhan karena nusantara dapet kartu merah juga. Dengan semangat pantang menyerah memang tahun
itu harus jadi milik nusantara. Akhirnya kedudukan bisa dibalik jadi 3-1. Dengan segala jerih payah dari awal liga sudah seharusnya nusantara layak merayakan kemenangan pertamanya dalam sejarah.

Tahun 2006 kurang lebih sama. Nusantara tetap bukan yang paling hebat. Berhasil lagi masuk final karena usaha, gelora dan jerih payah yang sama. Di pertandingan terakhir butuh menang dan sampai menit 90 keadaan masih seri. Baru di saat injury time kita bisa menang 2-1 dan masuk final. Di final menang lagi 3-2 dan memastikan gelar juara kedua berturut2.
Sayangnya gw gak merasa bener juara karena gw kebanyakan gak dimainin. Gw uda sempet mikir buat pindah tapi tetep aja gak bisa. Gw berusaha buat masuk tim inti lagi buat tahun depan. Bertahan dulu kalau tahun depan tetep gak dibutuhkan mungkin gw cabut.

2007 juga gak jauh beda. Lagi lagi bisa masuk final karena usaha keras. Di pertandingan terakhir cukup seri malah ketinggalan. Keajaiban datang sewaktu waktu hampir habis, ketinggalan 3-1 gol bisa dikejar. Sayangnya gelar ketiga berturut gak bisa diraih. Kita uda gak sengotot seperti tahun kemarin lagi, motivasi yang lebih justru ada di lawan untuk menghentikan gelar juara ketiga berturut turut nusantara. Akhirnya kalah cukup besar.

Nusantara adalah tim pembuat sensasi. Dari yang kurang diperhitungkan sampai jadi favorit dan ditakuti. ketinggalan berapa saja bisa dibalik. Dan nusantara salah satunya yang membuat berlin lebih ceria. Gw gak bakal bisa ngerasain kayak gini kalau main di tim lain. Jadi engga cuma stress doank gara2 kuliah. Yah kuliah di sini emang musti bikin stress , gak bisa hepi hepi. Kalo kuliah hepi hepi doank yang ada malah gak bakal lulus lulus.

Thanks buat saat saat yang indah selama ini. Semoga kita menang lagi tahun ini.
We are playing, singing and dancing together.

2 comments:

Anonymous said...

Saya Ian, lagi kuliah di Malaysia. Wah, rame ternyata kompetisi bola Indonesia di Berlin ya. Sama kayak di Malaysia.
Oktober ini saya akan ke Berlin untuk penelitian 6 bulan di Humboldt. Bisa gabung ke salah satu tim bolanya?

Salam kenal,
IaN

wete said...

boleh2 saja ian, kalo 6 bulan kurang lama. biasanya banyak kompetisi waktu musim panas.