Monday, July 7, 2008

After Studienkolleg Juli-Oktober 2005

Urusan milih jurusan kuliah emang gampang2 susah. Banyak orang yang masih belom tahu mau ambil apa sebelom lulus kuliah dan banyak yang merasa salah masuk jurusan ketika kuliahnya uda jalan. Yah gw juga sama, banyak tertarik sama beberapa jurusan sebelom akhirnya ambil teknik pangan.

Waktu masih di indo gw malah sempet punya pikiran masuk kedokteran, sebelom akhirnya buang jauh2 pikiran jadi dokter. Malas banget karena bakal lama kuliahnya ( Pada akhirnya dengan kuliah di jerman sama juga lamanya, emang dah dasar nasib ). Terus tertarik ke biotech yang menurut gw ilmu baru dan gw yakin masa depannya cukup cerah. Orang selalu bakal kepikiran permainan genetik. Padahal biotech gak cuma sekedar ilmu genetik. Penerapannya padahal lumayan luas, bisa ke ilmu kedokteran terutama obat obatan, bisa ke pertanian, bisa juga ke bidang pangan bahkan bisa nyerempet ke energie. Kalau misalnya gw jadi kuliah di indo gw bakal belajar biotech. Sampe gw studkol juga pikiran gw masih biotech.
Abis itu gak tau kenapa, lama2 minat gw makin luntur. Sampe2 gw gak tau mo milih apa. Gw balik ke pelajaran andalan waktu sekolah, kimia, biar waktu studkol mata gw terbuka, ternyata kimia itu susah. Biar dulu nilai kimia paling bagus dan lulus SPMB ipa gara2 ketolong kimia doank tapi begitu diajarin kimianya jerman mo nangis rasanya.

Mau usaha masuk teknik kimia TFH butuh praktikum dulu. Udah kepikiran mau bikin surat palsu tapi gw coba nyari2 dapet juga di labor kualitas kontrol makanan. 3 bulan praktikum ngabisin liburan abis lulus studkol. Gara2 praktikum gw selalu berhubungan sama makanan. Tiap hari kerjaannya ngeliatin makanan, blender makanan, ngorek2 makanan ngambil sample buat diuji, ngebuang makanan sisa, ngecek kualitas/kuantitasnya, ngembat bawa pulang sisa makanan yang masih bersih. Senen-jumat 8 jam di labor, minggu kerja, sabtunya main bola atau kerja atau istirahat. Masa2 yang ga ada capenya. Gak pernah lagi gw ngerasain dari senen sampe senen buat praktikum + kerja + olah raga. Kagak ada kehidupan lain. Selama 3 bulan itu, gw ngerasain kerja+praktikum dengan lingkungan jerman. Gak ada kontak sama orang indo lain selain sama tim nusantara, makanya gw bilang gw gabung nusantara di saat gw butuh temen2 baru. Selama 3 bulan itu untuk pertama kalinya gw lebih banyak make bahasa jerman tiap harinya daripada bahasa indo, sekalian belajar lancarin bahasa jerman dan terutama beradaptasi. Awalnya susah tapi berjalan dengan baik, sampai gak percaya bisa juga gw jadi praktikant yang hebat. Paling rajin, paling bisa diandalkan, paling semangat. Hohohohoho.

Dari praktikum interest gw ke teknik pangan semakin besar. Teknik pangan juga lumayan kepake. Seharusnya kerjaan selalu ada, karena 5 milyar manusia di bumi tiap hari butuh makan. Di mana2 butuh produksi pangan yang cukup, di negara maju atau miskin, di kutub atau di hutan, di gunung atau di laut. Produksi makanan dari cara tradisional seperti pertanian, peternakan, perikanan gak lagi cukup. Jaman makin maju dan orang butuh teknik pengolahannya.

Sewaktu ngirim pendaftaran kuliah, akhirnya gw lamar teknik pangan di TFH berlin dan TU berlin bukan lagi teknik kimia. Ada 2 lamaran lagi ke kota lain. Gw lupa jurusan apa dan gak ada jawaban apa2, penolakan juga gak ada. Dari TFH cuma dapet penolakan dan hancurlah angan2 dan masa depan yang selalu terlihat dari jendela kamar. 3 bulan praktikum yang memang buat persyaratan masuk TFH sia2. Surat penolakan datang waktu di tengah2 praktikum. Tadinya pengen berenti aja, uda ditolak buat apa lagi praktikum. Mental profesionalisme aja yang bilang buat terusin sampai abis. Soalnya dari awal uda bilang pengen 3 bulan praktikum, konsekuen gitu deh ceritanya.
Cuma TU berlin satu2nya yang ngasih jawaban positif. Mau gak mau harus diambil, masa mau nganggur. Skenario ceritanya berubah. Gw gak pernah niat masuk uni, uda lebih lama 10 semester dan theory oriented lain sama Fachhochschule FH yang 8 semester dan lebih banyak ke praktek.
Yah beginilah jalannya, lain rencana lain juga yang didapat.

No comments: