Thursday, July 31, 2008

Biokimia dan Program Diet

Pertama tama apa hubungannya biokimia sama program diet ? Gw juga ga tau, ada gak ya. 1 semester gw cuma belajar biokimia supaya oral tesnya lulus dan gak DO. Jadinya iseng2 aja nulis beginian sekalian nyampah di blog. Sekarang bisa gak dengan pengetahuan sedikit biokimia buat menyusun program diet. Gw si gak lagi diet, uda kurus kecil begini kalau bisa pengen tambah gede dikit.

Sumber energi utama adalah lemak dan karbohidrat/gula, tambahannya dari protein. Bedanya dengan karbohidrat, lemak bisa disimpan dalam tubuh dalam jumlah yang besar dan lebih berkonsentrasi tinggi (kalori dari 1 gram lemak lebih besar dari 1 gram karbohidrat ), makanya orang selalu bilang gendut karena banyak lemak bukan karbohidrat dan yang dibentuk jaringan lemak bukan jaringan karbohidrat. Karbohidrat atau gula gak bisa lama2 disimpan di badan, harus segera diproses melalui metabolisme. Metabolisme lemak dan karbohidrat unik. Singkatnya beberapa reaksi perombakan karbohidrat irreversibel dan dan perombakan lemak bisa dibilang lebih reversibel. Dua2nya bisa dirombak sampai suatu saat mereka punya produk yang sama, molekul intermediate yang disebut acetyl-CoA. Bedanya perombakan dari lemak sampai sini reversibel tapi karbohidrat irreversibel.
Jika energi yang dihasilkan cukup maka proses pembentukan yang bisa dimulai adalah pembentukan lemak, bukan karbohidrat! Di sini penjelasannya kenapa nasi juga penyebab bikin gendut. Gak peduli berapa sedikit daging yang lo makan, kalo nasinya segunung tetep aja bikin gendut kalau energi yang dikeluarkan lebih sedikit. Intinya dalam metabolisme karbohidrat bisa dirombak jadi lemak tapi lemak gak bisa jadi karbohidrat. Dengan catatan : lemak terdiri atas asam lemak dan glycerol. Yang tak pernah bisa dirubah jadi karbohidrat adalah asam lemak.

Jika prosesnya begitu jadi gimana caranya nyusun program diet dengan jatah makan normal. Gw gak mau saranin kurangin makan, entar sakit maag atau tukak lambung lebih repot lagi.

Jadi ngurangin daging sama aja bohong kalo nasinya segunung, minumnya coca cola, cemilannya banyak atau sering minum kopi/teh gulannya bersendok sendok.
Tentang minuman, ini dia bahaya yang tak terlihat. Banyak orang suka minum air putih saja, tapi lebih banyak lagi orang yang suka minuman selain air putih, seperti kopi, teh, kola dll. Jika pada makanan banyak alternativ sebagai penyedap rasa, tapi pada minuman cuma 1 saja, yaitu gula.

Penyebab kegemukan nomor satu di negara maju adalah kebanyakan makan gula bukan lemak.
Alternativnya bagaimana jika ganti dagingnya dengan protein seperti ikan. Fungsi utama protein memang bukan sebagai sumber energi, tapi tetap saja ada sebagian yang akan dirombak untuk menghasilkan energi dan sistem metabolisme tetap mempertemukan protein dengan lemak di beberapa molekul intermediate yang sama, sehingga dalam kondisi kelebihan energi kemungkinan protein dibentuk jadi lemak tetap ada.

Ada orang yang mengganti menunya dengan makan buah. Cukup sehat, tapi harus diingat beberapa jenis buah mengandung kadar gula yang tinggi. Karena memang buah itu juga cadangan makanan tumbuhan. Kalo manusia membentuk lemak, tumbuhan membentuk buah atau umbi. Jadi gak bisa dibilang makan buah gak bakal bikin gendut. Harus tetap dalam porsi yang terjaga.

alternativ yang lebih baik lagi ditawarkan dengan menu sayuran. Dengan kadar lemak dan gula yang kecil, sulit terbayang kalau kebanyakan makan sayuran bisa bikin gendut. Sumber lemak satu2nya paling kalau misalnya makan salat itu dari dressingnya atau kalau di indo gado gado dari bumbu kacangnya.

Kayaknya susah bener deh kalo musti ngatur menu makan kayak gini. Musti ganti daging lah, beli ikan, beli buah, banyakin makan sayur dll. Rela gak nih kalau cuma makan buah atau sayur tanpa ada daging ? Ada si alternativ lain yang lebih hebat tanpa harus pusing ngatur menu.
Pertama tama matikan komputer sekarang, jangan duduk di depan komputer mulu. Jalan pagi kek, olah raga atau ngapain selain cuma duduk doank.
Ternyata gak perlu pengetahuan biokimia buat diet, gak penting banget si. Sekali lagi namanya juga nyampah.


Ditulis tanpa referensi, mohon maaf kalau ada yang salah. Segala koreksi dan usul referensi akan diterima.

2 comments:

Anonymous said...

artikel anda ada di:
http://diet.infogue.com
http://diet.infogue.com/biokimia_dan_program_diet

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

wete said...

weleh2, berguna ya sampe dipromosiin. ada sedikit tambahan baru. ini baru gw edit sedikit.