Friday, December 28, 2007

Ayo nyusul gw ke jerman

Iseng iseng aja bikin list kenapa orang memilih jerman sebagai tempat studi.
Setelah hampir 4 tahun bergelut, bergulat, berkecimpung (atau gimana lah bahasanya) dalam suasana perkuliahan di sini, boleh dibilang omongan gw ini terpercaya, terbukti, dapat diandalkan, bisa dijadikan acuan dan membuka mata kalian yang mau nyusul ke sini.

pertama yang enak enak
- biaya kuliah + biaya hidup lebih murah daripada di negara lain, bahkan di indonesia sendiri
( catat: seperti kampus yg biaya masuknya uda beratus2 juta )
- pilihan kuliah itu banyak terserah buat kelas ipa atau ips
- kualitas pendidikan ga usa diragukan lagi deh, buat IPTEK eropa emang pusatnya. Ilmuwan2 beken asalnya semua dari eropa.
- pemerintah jerman cukup memberikan banyak peluang buat pelajar2 asing untuk kuliah di jerman. Jadi jangan takut lo ga bakal jadi orang asing satu2nya di kampus.
- Angkot di jerman itu bagus bener, jadi ga butuh beli kendaraan sendiri, seperti rekan2 di US.
Pulang malem tetep bisa pulang naek angkot, jalan kemana2 gampang termasuk ke luar kotanya.
- Orang2 indo di sini cukup banyak rupanya, jadi kalo lo ga ke kota kecil, desa, udik, tetep bakal ketemu orang indo.
- Buat orang yang bukan golongan ekonomi atas, kesempatan lo lebih besar di sini karena relatif lebih murah dan ada kesempatan kerja cukup besar. Banyak pelajar indo yang uda lepas bantuan ekonomi dari orang tuanya di sini.
Kalo beasiswa, lain cerita lah.
- cewe cewe mannnnn. Ga cuma bule, yg asia, arab, afrika banyak. Tinggal milih deh, kalo bisa dapetinnya yah. eeee iya deh cowo cowo nya juga -_- biar yg cewe ga protes.
- Buat yang mentalnya kuli, di sini lumayan banyak pabrik yang membutuhkan kuli2 handal di waktu liburan ( gampangnya kesempatan kerja cukup besar )
- Buat yang mentalnya turis, ....... ga usa dijelasin lah. Tinggal liat peta, pilih mo jalan ke eropa mana. Deket semua.
- Buat yang mentalnya pelajar, ga usa takut dikata2in nerd karena banyak orang juga begitu dan selamat, anda sudah berada di jalur yang benar untuk menyelesaikan kuliah anda.
- Dan segala macam keuntungan, pelajaran, pengalaman yg didapat dari kuliah di luar. Seperti bahasa asing, kemandirian, mengatur diri sendiri dsb


nah sekarang yang jelek2nya. Yang cuma pengen enak2nya aja silakan di skip, mungkin bakal mempengaruhi pemikiran idealis anda dan akhirnya ga jadi ke jerman. Sayang kan, jadi mending skip aja, biar tahunya belakangan. Kalo uda nyampe di sini.




- Kuliah di sini memang murah tapi jalurnya sedikit panjang dan buang waktu, jadi siap2 tua di bangku kuliah. Sekolah bahasa dulu lah, Studienkolleg/ DSH dulu lah sebelom masuk kuliah. Kuliahnya sendiri juga ga gampang. Statistik mengatakan, banyak orang putus kuliah karena kelamaan, terlalu susah, ujian ga lulus2, kurang motivasi, ogah2an. Setelah hampir 4 th di berlin, kayaknya gw lebih banyak kenal orang indo yg ga lanjut kuliah(pulang indo) drpd yg lulusnya deh. heheheh
Sekarang tergantung pribadi masing2.
- Bahasanya gimana, buat gw si mo kuliah pake jerman ato inggris sama aja susahnya. Sama2 bahasa asing gitu. Kita emang uda dapet inggris dari sekolah, tapi bahasa umum aja. Bahasa teknik, kedokteran ato ekonomi tetep belajar lagi. Sayang bener kalo kuliah di jerman tapi ga ngelatih bahasa jerman.
- Pinter2 ngatur diri sendiri deh di sini, kebanyakan orang di sini kuliahnya ga jalan gara2 kebanyakan kerja, kebanyakan maen, emang ga pernah usaha buat perjuangin kuliahnya, sibuk ga jelas, hepi2 ga jelas dsb
- Tuh ga banyak kan negatifnya. Ga bikin takut kan buat dateng ke sini ?

3 comments:

Dino said...

Aku pernah belajar sebentar di jerman waktu ngambil s1-ku (semacam pertukaran pelajar). Sekarang aku sedang kuliah s2 di amrik mengambil bisnis.
S1 akuntansi UGM-ku dulu hampir semua bukunya berasal dari amrik. Sistem akuntansi Indonesia pun menjiplak amrik. Jadi kalo mo belajar bisnis di amrik menurutku banyak untungnya.
Di bidang pendidikan bisnis, hal yang menurutku eropa lebih baik daripada amrik adalah international study-nya. Amrik terlalu amrik, kurang menginternasional.

Anonymous said...

alow2

thx yah atas infonya

gw jg maw belajar ke jerman

skrg gw kelas 2 sma , maw naek ke kelas 3...
ich habe schon ZD gemacht und ich bin bestanden ^^

mungkin gw studkol di indo dl , ada kan di jakarta studkol , hehe

punya fs ga?

really wanna know u better

wete said...

buat amanda, silahkan aja liat2 sini kalo mo cari tau info atau pengalaman. gw masi terus nulis kok. tapi semua dari sudut pandang gw sendiri ya. jangan dijadiin patokan. masing2 student sini punya jalannya masing2.